Pantai Ngandong : Mancing Pasiran Atau Rock Fishing

mancing di pantai ngandong

mancing di pantai ngandong

Pantai Ngandong, Gunungkidul selain menjanjikan keindahan pemandangan alamnya ternyata menyimpan juga kekayaan hasil ikan yang bisa dinikmati olehpara nelayan terutama bagi Anda yang menyukai mancing laut.

Berada tepat di sebelah pantai Sundak dan Krakal, pantai ngandong yang memang tak telalu luas ini menyediakan tempat nongkrong yang saat ini memang ramai dikunjungi. Tak sdikit jga yang memanfaatkan penginapa di sektar pantai ini bersama teman, atau keluarga. Ada juga yang secara khusus membawa tenda-tenda untuk berkemah kecil. Mengingat tempat yang tak terlalu luas untuk tenda yang banyak.

Untuk menikmati pemandangan pandai dengan deburan ombak yang khas pantai selatan sambil menikmati minuman seperti kopi dan lainnya, ada tempat di sisi timur serta barat pantai yang cukup nyaman.

Bagi Anda yang menyukai memancing. Ada dua pilihan spot mancing yang bisa Anda pilih. Tempat pertama adalah spot rock fishing yang berada di sisi pantai. Anda cukup berjalan tidak terlalu jauh dari sisi timur pantai. Memiliki tempat yang cukup untuk memang hanya 4 sampai 5 pemancing saja. Tempat kedua adalah spot mancing pasiran dengan mengambil tempat di sisi timur yang biasa digunakan untuk jalan perahu atau sisi barat bersebelahan dengan bukit.

Tantangan yang sama memang apabila memilih spot mancing di sepanjang pantai di gunungkidul ini yakni tersangkut pada karang-karang pantai. Namun tentu tehnik-tehnik bagi Anda yang biasa memancing akan mengatasi tantangan-tangan seperti ini.

Untuk umpan Anda bisa menggunakan beberapa pilihan ikan seperti tongkol yang untuk daerah pantai dikenal dengan nama ikan “blereng” ini baik karena pada keadaaan gelap ikan ini akan memancarkan cahaya di air, Bisa juga anda menggunkan potongan udang, gurita untuk Anda yang ingin mencari ikan-ikan monster semacam GT atau caru juga ikan kampur.

Pada saat ikan pasang adalah pilihan yang paling tepat memancing ditempat ini karena pada saat surut memang kedalaman menjadi masalah utamanya. Di pagi hari Anda bisa juga memancing dengan kambangan berumpan rumput laut berwarna hitam yang bisa Anda tanya kepada nelayan sekitar untuk mendapatkannya dengan mencari pada saat air surut. Biasanya dicari pada siang atau justru malam larut. Ini sebagai umpan ikan bayeman, yur atau baronang.

Cukup menarik dan banyak pilihan bukan. Semoga manfaat bagi Anda yang suka berwisata atau memancing di laut. (chip)