Menjelajah Desa Wisata Klipoh, Borobudur

pengrajin gerabah

Pengrajin gerabah di desa Klipoh

Kesejukan udara pagi juga keramahan yang tulus nampak dan terasa dari tegur sapa yang keluar dari masyarakat ditengah aktifitas mereka. Kesejukan dan pemandangan alam yang masih sangat asri adalah juga sajian yang bisa kita dapat saat berkunjung ke sekitaran obyek wisata borobudur, tentu telah banyak yang sudah mendengar atau bahkan mengunjungi.

Desa wisata Karanganyar, Borobudur, Jawa tengah adalah salah satu tempat yang teraswarta rekomendasikan juga untuk dikunjungi dalam berwisata Anda naik sendiri atau bersama dengan rombongan. Desa Karanganyar ini sendiri berada di sebelah barat Candi Borobudur, terbagi dalam empat dusun. Mayoritas penduduknya adalah sebagai petani dan pengrajin. Dari keempat dusun yang ada di desa Karanganyar, Borobudur ini sama-sama memiliki potensi wisata dusunnya masing-masing.

Berjarak kurang lebih 3,5 Kilometer dari Candi Borobudur, sajian pemandangan hampir sepanjang waktu bisa diabadikan dalam bingkai-bingkai gambar melalui media foto Anda. Cantiknya candi borobudur atau menjulangnya pegunungan menoreh di sisis selatan sangat khas terlihat dari desa wisata satu ini.

Dari beberapa dusun ini terdapat satu dusun yang sudah sangat terkenal sebagai desa wisata. Memiliki potensi pokok sebagai dusun penghasil gerabah. Masyarakat yang dengan kesederhanaan penduduknya siap menyambut Anda dengan berbagai aktifitas mulai dari proses pembuatan gerabah dari tanah liat, pembentukan gerabah sampai dengan proses pembakaran. Semua dilakukan oleh penduduk yang telah terbiasa dengan kunjungan wisatawan. Maka pasti juga masyarakat tanpa enggan akan menjawab juga pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada mereka. Sebuah aktifitas kreatif yang telah turun-temurun dilakukan oleh masyarakat desa ini.

Proses pembuatan gerabah ini sendiri dilakukan oleh masing-masing penduduk dirumah mereka. Aktifitas pagi dengan memutar alat untuk membentuk gerabah, penjemuran, penghalusan sampai dengan pembakaran ini akan membuat wisatawan bertahan menungguinya. Keasyikan yang rasa-rasanya hanya bisa Anda dapatkan di dusun Klipoh ini. Bagi Anda yang ingin merasakan bagaimana membuat gerabah juga bisa melakukan di tempat ini juga.

Untuk sampai ke tempat ini Anda bisa menggunakan berbagai alat transportasi. Kendaraan Anda sendiri atau bisa juga memilih alat transportasi yang mereka sediakan seperti sepeda onthel yang akan membuat semakin asyik penjelajahan desa wisata ini. Jalan-jalan juga telah sangat baik dan mudah diakses.

Desa wisata Klipoh, Banjaran I, Borobudr, Jawa tengah sisi desa wisata yang layak dikunjungi dan membanggakan Nusantara karena potensi-potensi yang ada di dalamnya yang layak dikembangkan serta didukung. Begitu banyak juga kearifan lokal yang masih terjaga ditempat ini. Sebuah tempat yang semoga mampu menjadi inspirasi juga bagi desa-desa yang lain. (tw)