Menikmati Sop Senerek Khas Kota Magelang

Sop Senerek

Sop Senerek

Magelang, bukan saja terkenal akan Gethuk Trio dan Eco sebagai kuliner khasnya yang selama ini kita kenal. Jika anda sedang menikmati kota yang terkenal dengan julukan Kota Seribu Bunga ini cobalah mencari hidangan khas dan menyehatkan bernama Sop Senerek.

Terdengar asing memang bagi orang yang belum familiar dengan Magelang. Sop Senerek sendiri kini dijajakan hanya di tempat-tempat khusus tidak se-familiar Gethuk Magelang. Sop Senerek sendiri berbahan sayur mayur rebus seperti wortel, kacang merah dan bayam serta di sajikan dengan nasi putih dan sebagai pelengkapnya anda dapat memilih daging ayam, empal maupun jeroan, hidangan tersebut kemudian disiram dengan kuah yang manis berbumbu rempah-rempah seperti cengkih dan pala.

Sop Senerek sendiri sejarahnya merupakan bentuk modifikasi dari sup Belanda yaitu Sop Snert (Soup Snert) di negeri asalnya sana, sop ini berbahan baku kacang polong dengan kuah kental, namun di Jawa khususnya di Magelang yang dahulu juga sempat di tinggali oleh Belanda, sop ini dimodifikasi dengan menganti kacang polong menjadi kacang merah dan di tambahan pelengkapnya adalah sayur mayur seperti wortel dan bayam.

Warung makan Bu. Atmo

Warung makan Bu. Atmo

Jika anda penasaran dengan kuliner yang satu ini, anda dapat berkunjung ke warung makan Bu. Atmo,warung makan ini adalah salah satu warung sop Senerek yang terkenal di Kota Magelang karena masih mempertahankan ke-otentikan Jawa klasik. Disini anda akan bernostalgia sambil menyantap hidangan syang menyehatkan.

Sop Senerek Bu. Atmo sendiri di jual dengan harga Rp. 8.000,- per porsinya, dengan tambahan ayam, daging sapi maupun jeroan. Bu. Atmo selaku pemilik warung makan ini menjelaskan bahwa dirinya membangun rumah makan ini sejak sekitar 1987 dan bangunan maupun resepnya masih sama seperti awal berdiri.

Bu. Atmo sang pemilik warung

Bu. Atmo sang pemilik warung