Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Tubuh

mandi air dingin

manfaat mandi air dingin bagi tubuh (foto oleh mayra s)

Ritual membersihkan tubuh setiap hari minimal 2 kali sehari merupakan hal yang terkadang malas untuk melakukannya karena alasan dingin. Mandi dengan air dingin ternyata banyak manfaatnya bagi tubuh jika dibandingkan dengan menggunakan air hangat. Air hangat dan cenderung panas dapat menimbulkan kulit serta rambut menjadi kering. Memang pada saat tubuh Anda lelah air hangat bisa menjadi solusinya.

Membersihkan tubuh dengan menggunakan air dingin memang terkesan menakutkan apalagi di pagi hari. Tetapi Anda dapat memperoleh segudang manfaat mandi dengan air dingin setiap harinya. Selain membuat tubuh Anda lebih sehat juga menjaga kesegaran serta kelembaban kulit Anda. Berikut ini manfaat mandi air dingin bagi tubuh :

Mengingkatkan kekebalan tubuh

Mandi menggunakan air dingin dipercaya mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh sehingga kekebalan tubuhpun terjaga.

Memperlancar sirkulasi darah

Membersihkan tubuh dengan air dingin juga bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Proses metabolisme tubuh yang lancar membuat tubuh mampu mengeluarkan sel-sel darah putih yang mengandung virus penyakit sehingga sirkulasi darah lancar dan Anda terhindar dari hipertensi serta pengerasan pembuluh darah.

Membuat awet muda

Mandi menggunakan air dingin di pagi hari sehabis subuh dipercaya membuat awet muda. Hal ini terjadi karena di pagi hari otot-otot tubuh akan menjadi lemas, tubuh menjadi lebih segar dan sehat.

Menjaga kelembaban kulit dan rambut

Mandi menggunakan air hangat akan membuat kulit dan rambut menjadi kering dan mudah keriput. Selain itu membuat kulit wajah menjadi berjerawat karena pori-pori kulit menjadi terbuka. Jadi untuk memperoleh kulit dan rambut yang segar serta terjaga kelembabannya ada baiknya Anda menggunakan air dingin saat mandi.

Mengembalikan stamina tubuh

Mandi menggunakan air dingin dapat mengembalikan stamina tubuh Anda setelah beraktivitas atau berolahraga. Rasa lelah dan pegal-pegal bisa hilang dengan air dingin.

Membakar lemak tubuh

Tubuh mempunyai 2 jenis lemak yaitu putih dan cokelat. Lemak putih merupakan lemak jahat dan sebaliknya lemak cokelat merupakan lemak yang berguna bagi tubuh. Lemak cokelat ini berfungsi untuk menyalurkan panas dalam tubuh sehingga tubuh menjadi hangat. Saat mandi menggunakan air dingin lemak cokelat ini akan bekerja menghangatkan tubuh dan membakar kalori tubuh Anda.

Membangkitkan mood hati Anda

Saat hati sedang sedih atau gundah ada baiknya Anda mandi dengan air dingin. Kulit Anda akan terkena sensasi air dingin dan membuat jantung Anda berdetak lebih cepat. Suasana hati Andapun akan berubah menjadi lebih nyaman.

Nah, sahabat mulai sekarang jangan malas mandi agar tubuh Anda selalu bersih bebas dari kotoran yang menempel di tubuh. Manfaat mandi air dingin bagi tubuh di atas tentu menarik bagi Anda. (Christin –berbagai sumber)