Kebiasaan Yang Dapat Mencegah Obesitas

buah

Kaum perempuan cenderung lebih mudah terkena obesitas atau kelebihan berat badan. Pola hidup dan konsumsi makanan membuat perempuan lebih cepat naik berat badannya, apalagi sudah mempunyai keturunan dan usia yang semakin bertambah. Begitu juga saat kaum perempuan bekerja di kantor. Ruangan ber AC juga menunjang mudahnya timbul rasa lapar. Akhirnya jalan pintas untuk memilih camilan saat bekerja menjadi pilihan yang salah namun sering dilakukan.

Saat bekerja di kantor aktivitas kebanyakan adalah duduk dalam waktu seharian. Hal ini pula yang dapat memicu timbulnya kelebihan berat badan. Berat badan yang ideal adalah berat yang seimbang dengan tinggi badan Anda. Namun tak jarang karena pola makan berat badan menjadi tidak seimbang. Tetapi ada juga beberapa kaum perempuan yang kelebihan berat badan karena unsur genetis. Berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat mencegah obesitas :

Membawa bekal dari rumah

Saat Anda berangkat ke kantor biasakan selalu untuk sarapan pagi. Membawa bekal sendiri untuk makan siang akan jauh lebih baik dan sehat bagi Anda. Menu makan siang juga sebaiknya diperhatikan dengan baik. Bawalah selalu bekal sayur segar dan lauk yang mengandung protein seperti tahu, tempe, ayam panggang, atau ikan.

Membawa camilan buah

Saat beraktivitas di kantor terkadang muncul rasa lapar. Pilihlah camilan sehat bagi Anda yaitu buah segar. Selain sehat bagi tubuh juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin bagi kulit Anda.

Menjauhi makanan manis dan berlemak

Berada pada ruang kantor yang berAC terkadang membuat selera makan menjadi bertambah. Keinginan untuk ngemilpun tinggi. Ada baiknya Anda menghindari makanan manis dan berlemak sebagai camilan. Pilihlah camilan sehat seperti buah, cokelat bebas gula, atau yogurt.

Siapkan air putih pada meja kerja Anda

Air putih merupakan minuman paling sehat. Dan bebas kalori. Penuhi selalu kebutuhan cairan dalam tubuh Anda melalui air putih. Air putih ini juga bisa Anda manfaatkan untuk menunda rasa lapar.

Sesekali berjalan dan menggerakkan tubuh

Seharian bekerja di kantor tentu menjadikan tubuh terasa lelah namun tak berasa. Sebaiknya di waktu istirahat Anda meluangkan waktu untuk berjalan atau sekedar melakukan pemanasan kecil agar tubuh Anda menjadi rileks dan tidak kaku.

Sahabat, hidup sehat dan memiliki berat badan yang ideal tentu menjadi impian semua orang. Di saat bekerja di kantor seharian ada baiknya Anda membawa sikat gigi dan pasta gigi mint. Hal ini baik untuk menjaga bau mulut. Rasa mint yang timbul juga akan menekan rasa lapar Anda kembali. Beberapa kebiasaan yang dapat mencegah obesitas di atas dapat dengan mudah Anda terapkan. (Christin)