Wisata Ekstrim Gunungkidul

IMG_20140426_055828

Ngeri, takut, was-was, itulah hal yang saya rasa pertama kali saat mengunjungi tingginya bukit karang yang terdapat di salah satu pantai di Gunungkidul. Sebuah tempat yang langsung berhubungan dengan dalamnya lautan. Tak cukup disitu saja, getaran ombak yang menghantam batu karang di bawah saya seolah hendak menggoyang tempat di mana saya berdiri.

Bukit karang Parang racuk adalah satu tempat di mana awal pertama saya menjajakkan kaki berwisata di tingginya bukit karang. Menarik dan sangat menarik adalah rasa yang muncul. Dari sinilah saya lantas bersama teman-teman yang lain mulai terus mencari tempat-tempat semacam ini.

Berwisata pantai dan yang lain adalah hal yang biasa tentunya, namun wisata yang satu ini memanglain dari yang lain. Bagaimana tidak? Berbeda dengan tempat wisata lain yang sudah dikenal, tentu berbagai fasilitas biasanya ada, namun di wisata ekstrim di ketinggian karang semacam parang racuk, bukit baron, bukit jogan, bukit jujugan, bukit sambakan, bukit siung dan masih banyak lagi lainnya tak semudah dan semeriah di panati berpasir.

DSC_0152

Sepi, tinggi, dan debur ombak khas laut selatan yang keras menjadi pemandangan utama. Bekal juga harus disiapkan sendiri tentunya. Bila ingin berlama-lama dengan keindahan puncak-puncak bukit ini bila perlu membawa tenda sehingga semakin puas menikmatinya. Jangan lupa juga siapkan kamera=kamera untuk merekam betapa karya Tuhan itu sangat luar biasa.

Bukan hanya tingginya bukit karang dengan dalamnya laut di bawahnya saja. Bila beruntung kita akan melihat juga ikan-ikan besar atau kura-kura raksasa lalu lalang di kejauhan lautyang biru. Kita bisa menikmati juga aktifitas para nelayan yang dengan sangat berani melawan tingginya gelombang yang seolah sewaktu-waktu bisa menghempaskan perahu ke bukit-bukit tajam di bawah.

Keindahan luar biasa yang bisa Anda temukan bersama sejuta tantangan yang memacu adrenalin kita. Hanya tentu ini bagi yang fisiknya kuat dan berani saja, lantaran tak sedikit tempat yang harus berjalan lumayan jauh dan turun naik untuk mencapai tempat tersebut. Sebuah pengalaman yang tak akan terlupakan bagi saya dan Anda tentunya setelah merasakannya. Betapa kecilnya kita ternyata di antara luasnya samudera di bawah sana. Dan ingat bagi Anda yang ingin mencoba tentu ajaklah mereka yang pernah ke tempat tersebut dan selalu hati-hati tentunya.

O iya, dan bagi Anda yang suka memancing bisa juga mencoba sensasi strike ari ketingian bukit-bukit karang ini juga. Nusantara selalu istimewa dengan keindahan alamnya maka mari kita jaga itu semua semampu dan sebisa kita. (chipriant)