Tips Merawat Rambut Kering dan Mengembang

rambut kering

Rambut adalah mahkota wanita yang indah. Namun tak lagi indah jika rambut tampak kusut, kusam, kering, pecah-pecah dan mengembang. Ada beberapa jenis rambut yang membutuhkan perawatan yang berbeda-beda. Rambut berminyak misalnya memerlukan perawatan yang khusus agar rambut tidak lepek. Ada juga yang normal dan ada juga yang kering dan mengembang.

Saat ini penggunaan shampoo dan polusi udara, radiasi sinar UV telah menyebabkan rambut menjadi kusam, kering, pecah-pecah dan mengembang. Begitu pula perawatan yang tidak benar, pemakaian bahan kimia dan masih banyak lagi penyebabnya. Berikut ini tips merawat rambut kering dan mengembang untuk Anda :

Bersihkan rambut secara rutin

Untuk memperoleh rambut yang indah, dan sehat Anda perlu membersihkan rambut secara rutin dengan shampoo yang mempunyai kandungan vitamin E. Hal ini bermanfaat selain sehat juga memperbaiki kondisi rambut yang rusak, kering dan mengembang.

Pakailah kondisioner

Sehabis mencuci rambut dengan shampoo pakailah kondisioner untuk melembutkan rambut Anda.

Minyak alami

Setelah keramas gunakan minyak alami seperti minyak bunga matahari, minyak almon atau minyak kelapa. Gunakan sebagai masker rambut dan ibungkus dengan handuk hangat selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Gunakan vitamin rambut

Setelah melakukan perawatan gunakan vitamin rambut secara rutin untuk menjaga kelembaban rambut Anda.

Konsumsi vitamin B

Kandungan biotin dalam vitamin B kompleks untuk menguatkan rambut. Vitamin B kompleks dapat ditemui pada makanan kacang-kacangan, pisang dan telur.

Minyak zaitun

Gunakan minyak zaitun secara rutin 2 minggu sekali sebelum keramas.

Lidah buaya

Gel dari lidah buaya dapat memperbaiki kerusakan rambut.

Sahabat, tips merawat rambut kering dan mengembang dapat Anda lakukan dengan fleksibel sesuai waktu Anda. Hindari menggosok rambut dengan hanuk sehabis keramas, gunakan sisir dengan gigi lebar, mengeringkan rambut dengan pengering rambut, catok rambut dan radiasi UV. (Christin)