Penyebab Bau Mulut Secara Umum

Bau mulut

Tentu malu jika saat bertemu dengan relasi kita lantas muncul reaksi yang lain dari seseorang itu lantaran muculnya bau dari mulut kita. Demikian sebaliknya tentu tidak nyaman apabila kita berhubungan dengan orang yang memiliki gangguan pernafasan seperti ini.

Bau mulut ini biasa juga dikenal dengan istilah Halitosis, sebuah keadaan yang biasanya disebabkan oleh sulphur kotor yang menguapoleh bakteri yang berkembang pada jaringan belakang lidah kita atau juga belahan-belahan gusi.

Apa saja kemudian yang menjadi penyebab ini semua? Berikut adalah beberapa hal yang biasanya jadi pemicu bau mulut ini.

Makanan

Bau mulut bisa terjadi oleh makanan yang kita konsumsi septi makanan-makanan yang mengandung lemak, penyedap rasa yang berlebihan, mengandung minyak atau bawang merah juga bawang putih. Ini bisa terjadi lantaran bahan makanan yang kita konsumsi ini mudah sekali menempel pada dinding-dinding sekitar mulut juga sela-sela gusi kita.

Kebersihan

Menjaga kebersihan gigi secara tidak teratur biasanya menjadi penyebab lain bau mulut. Ini terjadi karena timbunan sisa-sisa makanan yang ada pada sela-sela gigi apalagi yang berlubang akan membususk tentunya dan ini menyebabkan bakteri menjadi penyebab bau mulut.

Penyakit

Penyakit gigi pada umumnya menjadi penyebab bau mulut juga. Contoh diantara berbagai penyakit itu adalah radang gusi, sakit gigi, sariawan lama, mulut kering dan sebagainya.Penyakit lain dalam tubuh juga bisa menjadi penyebabnya seperti diabetes, ginjal atau liver. Ini terjadi oleh karena terganggunya metabolisme dalam tubuh.

Kebiasaan buruk

Kebiasaan disini adalah kegiatan seperti mengkonsumsi minuman keras atau merokok.

Demikian beberapa penyebab bau mulut yang acapkali menjadi masalah serius bila tidak kita tangani sesegera mungkin. Bukan semata penmapilan saja tentunya yang akan membuat relasi kita berjalan lancar melainkan juga bagaimana orang nyaman berbicara langsung bersama kita meski berdekatan sekalipun. (tw-berbagai sumber)