Manfaat jagung Bagi Tubuh

manfaat jagung

Jagung merupakan hasil pertanian di Indonesia sejak dahulu. Pada masyarakat yang hidup di tahun 40an sudah mengkonsumsi nasi jagung bahkan sampai saat inipun masih ada yang menyukai nasi jagung. Jagung juga merupakan sumber karbohidrat yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi.

Mengkonsumsi jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat memang penting karena dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. Makanan sebagai sumber karbo bisa ditemui pada beras, jagung dan gandum. Berikut ini manfaat jagung bagi tubuh :

Mencukupi kebutuhan serat

Mengkonsumsi jagung dapat membantu meningkatkan kerja organ pencernaan menjadi lancar. Serat yang terkandung pada jagung mampu memenuhi kebutuhan serat tubuh Anda.

Jantung sehat

Jagung mengandung karotenoid, vitamin C dan bioflavonoid yang berfungsi mengontrol kolesterol dalam darah dan membantu meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Sirkulasi darah yang lancar menjadikan jantung Anda lebih sehat.

Kesehatan mata

Jagung selain merupakan sumber karbohidrat juga sumber betakaroten sebagai pembentuk vitamin A yang dibutuhkan untuk kesehatan mata.

Tulang sehat

Jagung mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh seperti magnesium, tembaga, fosfor dan besi yang mampu menutrisi tulang menjadi kuat.

Mencegah diabetes

Jagung mengandung fitokimia yang menjaga sirkulasi hormon insulin dalam tubuh sehingga diabetes Anda dapat terkontrol.

Mencegah anemia

Kandungan vitamin B dan asam folat pada jagung dipercaya mampu mencegah terjadinya anemia atau gejala kurang darah.

Menyehatkan kulit

Kulit sehat dan terlihat awet muda merupakan impian semua orang. Jagung merupakan antioksidan yang mampu menutrisi jaringan sel kulit.

Nah sahabat teras, jangan ragu untuk mengkonsumsi jagung sesekali dalam hari-hari Anda. Temukan manfaat jagung bagi tubuh sehat Anda. (Christin)