Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan

buah asam jawa

buah asam jawa (foto oleh perut gendut)

Di bumi nusantara ini tidaklah asing dengan asam jawa. Asam jawa biasa dipakai sebagai bumbu dapur yang berguna untuk menambah cita rasa masakan. Selain itu asam jawa juga sangat bermanfaat bagi kesehatan seperti mengatasi demam, batuk, sakit perut, panas dalam, asma, luka dan lain sebagainya.

Saat sebuah masakan menggunakan bumbu dapur berupa asam jawa maka dalam masakan tersebut mengandung senyawa kimia yang bermanfaat bagi tubuh seperti asam sitrat. Biji asam jawa mengandung albuminoid, pati dan kulit dari biji asam jawa mengandung phlobatanin.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan berbagai penyakit dengan menggunakan asam jawa. Untuk menghilangkan demam, Anda cukup merebus 1 genggam daun asam jawa, daun adas menggunakan ½ liter air hingga mendidih. Kemudian disaring dan airnya dikonsumsi sehari 2 kali.

Untuk menghilangkan batuk Anda cukup merebus 3 polong asam jawa ditambahkan daun saga ke dalam 400 cc air hingga mendidih. Saring dan minumlah dikala sudah dingin. Selain itu asam jawa juga bisa digunakan untuk mengobati asma dengan cara merebus 2 potog kulit asam jawa, daun adas dengan 1 liter air hingga mendidih. Tunggu hingga dingin, saring dan siap dikonsumsi 2 kali sehari untuk mengatasi penyakit asma.

Masih ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi berbagai penyakit dengan asam jawa ini. Asam jawa sangat kaya akan vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan serta daya tahan tubuh. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga menjadi penentu kesehatan Anda. (Christin/ berbagai sumber)