Makanan Penunjang yang Baik untuk Usia Senja

usia senja

Usia yang tak lagi muda tentu saja membutuhkan perhatian tersendiri. Berbagai resiko penyakit seperti stroke, jantung dan diabetes terlihat di depan mata. Hal ini terjai karena pola konsumsi makanan yang kurang sehat dan tidak teratur.

Saat usia sudah tak lagi produktif maka perubahan fisikpun muncul. Cepat lelah, kulit keriput, daya tahan tubuhpun menurun. Berikut ini makanan penunjang yang baik untuk usia senja :

Brokoli dan bayam

Sayuran hijau seperti brokoli dan bayam mempunyai kandungan serat yang tinggi. Mengkonsumsi sayuran brokoli atau bayam setiap hari tanpa penyedap rasa dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi tubu dan kalsium.

Salmon

Ikan salmon sangat sehat bila dikonsumsi siapa saja. Ikan ini mengandung vitamin D dan kalsium tinggi yang baik juga dikonsumsi di usia senja. Hindari masakan salmon dengan minyak atau digoreng karena penggunaan minyak dapat menimbulkan resiko penyakit di atas.

Udang

Menu seafood ini kandungan kalsiumnya tinggi yang baik sebagai makanan harian di usia senja. Namun ada yang menghindari jenis makanan ini karena alergi.

Kacang almond

Kacang almond merupakan jenis kacang-kacangan yang baik untuk menjaga kesehatan. Kacang almond merupakan sumber kalsium, vitamin dan serat.

Susu dan susu kedelai

Susu saat ini banyak tersedia dalam bentuk kemasan yang sudah dikhususkan bagi usia senja. Ada 2 pilihan yang baik dikonsumsi yaitu susu dari hewani atau susu kedelai yang merupakan sumber protein nabati. Kandungan kalsium pada susu dan susu kedelai mampu mencukupi kebutuhan nutrisi bagi usia senja.

Nah itu tadi sedikit ulasan tentan makanan penunjang yang baik untuk usia senja bagi Anda. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan Anda. (Christin)