Komunitas Fotografi Pariwisata dan Budaya Indonesia Peduli Kode Etik

KFBI

Bertempat di aula Dinas Pariwisata Yogyakarta pada hari minggu yang lalu atau tepatnya tanggal 25 mei 2014, sekelompok orang yang tergabung dalam Komunitas Fotografi Budaya dan Pariwisata regional Yogyakarta mengadakan sebuah acara dengan tema “Fotoku Jendela Negeriku”.

Sebuah acara yang dikemas dalam bentuk sharing pengalaman bersama dengan mengambil inti pembahasan etika jurnalistik. Sebuah acara yang bertujuan agar komunitas yang berbasic hobi fotografi ini tak melulu berhenti pada kebisaan memotret saja melainkan juga tahu seluk beluk etika pengambilan gambar berikut apa yang hendak disajikan dalam karya fotografi jurnalistik ini. Hal ini di ungkapkan oleh ketua KFBI Yogyakarta mas Hadi Prayoga.

Acara ini sendiri dibuka oleh mas Edy yang kebetulan juga didaulat mewakili Dinas Pariwisata Yogyakarta yang dalam hal ini memang secara langsung bersinergi dengan komunitas yang menitik beratkan karya pada Pariwisata dan Budaya secara khusus yogyakarta.

Dalam sambutannya, mas Edy yang juga adalah anggota dari komunitas ini mengharapkan agar dengan acara sharing kode etik jurnalistik ini menjadikan para fotografer mampu bekerja dalam koridor yang seharusnya sehingga nama yang turut melekat pada angggota KFBI yang berada di bawah Dinas Pariwisata Yogyakarta ini mampu terjaga dengan baik.

Hadir pembicarar dalam sharing ini Bapak Sardijanto Djumairi serta Chipriant Antok yang membawakan materi jurnalistik dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan moderator mas Yuko Siswanto. Sebuah acara sharing dalam suasana santai yang nampak dari keakraban sepanjang acara ini digelar.

Sebuah acara yang layak menjadi inspirasi juga bagi komunitas-komunitas lain tentunya agar karya-karya yang dihasilkan tak berhenti pada hobi saja atau pada keinginan mendapatkan foto terbaik semata melainkan juga memperhatikan etika-etika dalam menghasilkan sebuah karya sehingga tidak mengganggu kepentingan yang lain tentunya, bahkan bila perlu menjadi contoh bagi yang lain.

Acara ini kemudian ditutup dengan penyerahan piagam peserta secara simbolik serta foto bersama. (christin)