HUT Gunungkidul ke 183

HUT gunungkidul

Hari jadi Gunungkidul ke 183 diperingati dengan cukup meriah. Berbagai kegiatan yang adalah merupakan gambaran masyarakat beserta potensi-potensi di dalamnya digelar sampai pada juni 2014 ini.

Perayaan hari jadi gunungkidul ini sendiri jatuh pada tanggal 27 mei 2014 kemarin. Upacara dalam rangka hari istimewa kabupaten ini berlangsung dalam busana serta bahasa jawa. Hadir sebagai inspektur upacara, Gubernur Daerah istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X. Hadir pula pejabat-pejabat pemerintahan dari kabupaten lain seperti hadirnya Bupati Bantul dalam kesempatan ini. Hadir juga para pejabat Muspida DIY serta Muspida Gunungkidul juga tamu undangan dari berbagai tempat.

Upacara yang meriah inipun tak hanya oleh tampilnya puluhan penari, atau pakaian adat yang digunakan namun juga meriah oleh adanya 18 gunungan yang dibawa dari masing-masing kecamatan di gunungkidul ini. Gunungan dengan bahan dari berbagai hasil bumi setempat. Pada puncaknya, setelah gunungan ini diserahkan kepada Bupati Gunungkidul lantas diserahkan kembali untuk masyarakat umum yang hadir dalam upacara ini.

Grebek gunungan pun menjadi pemandangan yang menarik dan unik juga lantaran saling berebut bahan-bahan yang menurut beberapa masyarakat yang ikut dalam acara ini adalah sekaligus ngalap berkah. Berharap tanaman serta hasil bumi terus melimpah atau berhasil. (chip)