Dies Natalis UNY Adakan Fastival Dalang Cilik Tingkat Nasional Ke-IV

DSC_6648

Dalam rangka memperingati hari jadi UNY ke-50 tahun serta memperingati ulang tahun emasnya, UNY kembali menggelar rangkaian acara Dies Natalis dengan mengadakan festival dalang cilik tingkat nasional di Food Court UNY selama tiga hari, mulai Selasa sampai Kamis (6-8/5). Tercatat sebanyak 25 dalang cilik ikut dalam festival ini dengan menampilkan berbagai lakon (cerita wayang) yang menarik.

Festival dalang cilik ini nantinya akan mengambil 5 kategori juara dan 1 juara favorit, sementara untuk penjuriannya dilakukan oleh Edi Suwondo (Ketua Pepadi DIY), Dr. Suwardi MHum (dosen Jur. Bahasa Jawa), dan Udreka MSn (dosen Jur.Pedalangan ISI).

Ketua Panitia Festival Dalang Cilik Tingkat Nasional, Sardiman, menerangkan bahwa kriteria peserta dalang cilik meliputi umur dibawah dua belas tahun. Dirinya juga mengaku dalang yang mengikuti festival ini datang dari berbagai daerah di pulau Jawa, bahkan ada satu dalang yang datang dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Untuk pementasannya, para peserta bebas menampilkan berbagai lakon dengan waktu yang telah ditentukan oleh panitia penyelenggara.

“Semua peserta yang ikut masih berusia belia, di bawah 12 tahun dan masih duduk di bangku sekolah dasar” terangnya.

Disinggung tujuan UNY mengadakan even nasional ini, dirinya menerangkan bahwa berangkat dari keprihatinan atas minimnya ajang yang mewadahi para dalang tertama dalang cilik untuk berkarya. Selain itu pula merupakan wujud pelestarian budaya jawa yang kini keberadaanya sudah jarang di temui.

“Tujuannya ini sebagai pelestari budaya jawa, karena di dalam lakon yang di mainkan oleh peserta festival tentunya akan mengandung moral yang baik dan koheren dengan para generasi muda, khususnya mahasiswa disini (UNY.red)” tuturnya.

DSC_6835