Beberapa Pandangan Tentang Penyakit Kista

tentang kista

Sahabat, saat ini ulasan mengenai beberapa penyakit baik yang menyerang wanita ataupun laki-laki banyak bermunculan dan di segala usia. Bagi wanita mengalami keputihan, nyeri saat datang bulan adalah biasa. Namun jika hal itu terjadi di atas kewajaran tentu saja ada yang perlu diperhatikan.

Salah satu penyakit yang sering menghantui seorang wanita adalah kista. Kista merupakan penyakit yang terjadi karena adanya benjolan di rahim. Berikut ini beberapa pandangan tentang penyakit kista :

  • Penyakit kista timbul dikarenakan seorang wanita sering mengkonsumsi es saat sedang datang bulan. Nah padahal haid tidak ada hubungannya dengan munculnya benjolan pada ovarium. Mengkonsumsi es saat haid hanya akan mengurangi kekebalan tubuh, menyebabkan darah kotor di dinding rahim tidak mudah lepas dan pemicu masuk angin.
  • Penyakit kista ditandai saat mengalami nyeri di saat datang bulan. Padahal nyeri saat datang bulan merupakan efek dari menstruasi itu sendiri dan itu sangat wajar. Tetapi yang perlu diperhatikan apabila Anda sedang menstruasi dan mengalami nyeri berlebihan pada area panggul disertai muntah ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter karena bisa memicu timbulnya penyakit kista.
  • Penyakit kista bisa hilang tanpa obat. Tentu tidak ya sahabat, penyakit kista perlu penanganan tersendiri tetapi dapat dilakukan pencegahan dini dalam setiap harinya.

Penyakit kista bisa disebabkan oleh faktor pertumbuhan yang tidak normal dan penyakit bawaan lahir pada alapisan endometrium. Mengkonsumsi makanan instant dan junk food yang saat ini mudah didapatkan mempunyai resiko lebih besar mengalami polycystic ovary syndrome yang berakibat terganggunya organ reproduksi.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga miss V agar sehat, harum dan segar. Konsultasikan pada dokter akan masalah penyakit seperti ini. Lakukan pengobatan yang sesuai dengan anjuran medis untuk membersihkan dinding-dinding rahim dengan aman, serta keputihan yang sehat. (sumber : solusi masalah kewanitaan/Christin)