7 Kesalahan Saat Merawat Kulit Wajah

perawatan kulit wajah

Sahabat, melakukan ritual perawatan kulit sehari-hari sedikit banyak mempengaruhi kondisi kulit Anda. Memang merawat kulit wajah penting tetapi apabila dilakukan berlebihan dan tidak sesuai dengan kebutuhan maka yang terjadi adalah kulit yang rusak. Berikut ini 7 kesalahan saat merawat kulit wajah yang perlu Anda perhatikan :

Tidak mengenal jenis kulit Anda sendiri

Hal yang pertama Anda lakukan adalah mengenali jenis kulit Anda sendiri apakah kering, normal, berminyak, kombinasi atau sensitif. Anda bisa juga datang ke dokter di bidangnya untuk mengenali jenis kulit Anda. Setelah itu baru Anda melakukan perawatan sesuai kebutuhan.

Tidak paham kondisi kulit

Memahami kondisi kulit wajah Anda sendiri sangat penting karena ini akan menentukan produk apa yang sebaiknya Anda gunakan. Jangan sampai Anda memilih produk perawatan yang salah dan hasilnya tidak sesuai dengan yang Anda inginkan.

Tidak menggunakan produk yang benar di waktu yang tepat

Tampil di siang hari dan di malam hari tentu memerlukan produk perawatan yang tepat. Jika tampil di pagi hari menjelang siang gunakan pelembab yang mengandung SPF dan antioksidan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV serta mencerahkan kulit. Sedangkan untuk malam hari ada baiknya Anda memakai retinol yang dapat membantu pertumbuhan kolagen dari dalam kulit.

Menggunakan scrub secara berlebihan

Saat Anda terkena debu, polusi yang menempel di wajah maka membersihkan wajah dengan scrub akan terasa segar dan enteng. Namun ada baiknya Anda tidak menggunakan scrub secara berlebihan karena dapat membuat kulit wajah menjadi iritasi dan kelenjar minyak semakin lebar.

Tidak menggunakan produk antiaging

Saat usia bertambah setiap harinya maka tak heran jika muncul kerutan-kerutan tipis di kulit Anda. Gunakan produk antiaging di daerah dahi, mata dan bibir yang mudah terlihat kerutannya. Gunakan juga serum wajah, krim yang menandung vitamin C dan asam amino yang dapat merangsang pertumbuhan kolagen dari dalam kulit.

Mencampur produk perawatan

Saat Anda menggunakan produk perawatan ada baiknya Anda menggunakan satu produk saja. Jangan mencampur dengan produk lain karena akan mengganggu kinerja produk tersebut dan bisa juga menimbulkan iritasi.

Melupakan area dada dan leher

Area dada dan leher sering dilupakan perawatannya. Sedangkan area ini selalu terkena sinar matahari. Saat Anda membersihkan wajah ada baiknya Anda juga merawat daerah dada dan leher selayaknya kulit wajah Anda.

7 kesalahan saat merawat kulit wajah di atas sebaiknya Anda perhatikan agar kulit wajah Anda selalu terlihat bersih, sehat dan terawat. Jagalah selalu kebersihan kulit Anda dari debu dan polusi agar kulit Anda selalu sehat dan cerah. (Christin)