Tips supaya mudah tidur

tips mengatasi sulit tidur

Sahabat, terkadang aktivitas yang tinggi dan beban pikiran yang begitu banyak membuat kita menjadi sulit tidur. Membiasakan diri untuk tidur teratur saja terkadang terkendala karena kegiatan yang begitu padat. Akhirnya tubuh menjadi kurang istirahat dan kesehatanpun mulai menurun.

Tubuh memperbaiki sel-sel jaringan pada saat kita tidur. Apabila kita kesulitan tidur tentu menjaikan tubuh kurang sehat seperti tingkat emosi yang tidak stabil, tekanan darah naik, kulit menjadi lebih cepat keriput dan lain sebagainya. Bagi sebagian orang, tidur tidak diutamakan pada jamnya yang wajar yaitu malam hari, namun kegiatan yang tinggi atau tuntutan pekerjaan membuat Anda tidur di siang hari.

Berikut ini tips supaya mudah tidur bagi Anda :

  • Hal yang pertama wajib Anda lakukan adalah menjaga dan membersihkan tubuh setiap hari. Cucilah muka, tangan, kaki Anda serta gosok gigi sebelum tidur. Hal ini tentu saja akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan nyaman.
  • Hal yang kedua adalah meregangkan otot dan tubuh yang pegal akibat kelelahan atau penatnya kerja.
  • Hal yang ketiga adalah tidurlah di tempat atau kamar yang membuat Anda nyaman. Pastikan kamar dan tempat tidur Anda bersih dari debu dan kotoran. Serta pastikan kamar Anda rapi.
  • Keempat, gunakan aroma atau wawangian yang dapat memberi efek ketenangan pada kamar Anda. Ada baiknya Anda menggunakan aroma teraphy agar tidur Anda nyenyak.
  • Kelima, saatnya Anda istirahat tanpa gangguan telepon, komputer atau gadget lainnya. Pemakaian teknologi yang berlebihan apalagi aktif dalam kondisi tidur dapat mengganggu ketenangan tidur Anda. Pastikan tidur Anda berkualitas agar tubuh Anda selalu sehat dan bugar.
  • Keenam, disiplinlah dalam pola tidur. Tidur di waktu yang sama dan bangun di waktu yang sama setiap harinya dapat membantu proses kerja tubuh menjadi lebih baik.
  • Ketujuh, matikan lampu pada saat Anda tidur. Tidur menggunakan cahaya yang terang dapat mengganggu proses perbaikan sel-sel jaringan pada tubuh. Gunakan lampu temaram apabila Anda tidak bisa dalam keadaan gelap.
  • Kedelapan, bangunkan sugesti dan impian Anda serta doa menjelang tidur. Bawa semua impian dan angan akan masa depan lebih baik agar sugesti pikiran positif selalu ada pada Anda.

Sahabat, hal-hal sederhana di atas terkadang memang sulit untuk dilakukan bagi Anda yang jarang tidur di waktu malam dan suka begadang. Tak ada salahnya agar pola hidup Anda menjadi lebih baik. Tips supaya mudah tidur ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. (Christin)