Tips menjaga kesehatan di musim pancaroba

ilustrasi musim pancaroba

ilustrasi musim pancaroba foto by christin lokasi pantai siung

Sahabat, di negeri Indonesia tercinta ini memiliki musim penghujan dan musim kemarau. Sekarang ini cuaca yang sering terjadi tidak menentu. Di beberapa daerah terjadi banjir dan tanah longsor, sedang di daerah lain terjadi kebakaran hutan. Dalam satu hari saja bisa terjadi hujan dan panas dengan waktu yang bersamaan. Tentu saja cuaca seperti ini dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit khususnya virus influenza. Kondisi ini tentu tidak nyaman dan membuat Anda harus lebih berhati-hati.

Selain menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh, Anda juga harus menjaga pola makan serta gaya hidup yang sehat. Konsumsi makanan bergizi dan bersih tentu menjadi kunci kesehatan tubuh Anda. Anda juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat. Berikut ini tips menjaga kesehatan di musim pancaroba :

Pastikan akan kebersihan tubuh Anda setiap hari

Musim yang tidak menentu membuat daya tahan tubuh berkurang dan menimbulkan bakteri serta kuman yang masuk ke tubuh dengan mudah. Oleh karena itu penting sekali menjaga kebersihan tubuh dan makanan yang dikonsumsi agar selalu higienis dan terhindar dari bakteri serta kuman.

Selalu jaga kebersihan lingkungan Anda tinggal

Kebersihan lingkungan dimana Anda tinggal adalah mutlak jika Anda ingin tubuh Anda selalu sehat. Membersihkan kotoran-kotoran berupa sampah yang dapat menimbulkan bau tidak sedap serta memicu timbulnya bakteri.

Mengkonsumsi vitamin C

Vitamin C dapat Anda peroleh dari sayur dan buah. Mengkonsumsi vitamin C secara rutin dapat menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh serta melindungi tubuh dan bau tidak sedap serta memicu timbulnya bakteri sebagai antioksian alami Anda.

Makanlah jika lapar

Cuaca yang berubah terkadang hujan dan dingin kemudian berubah dengan cepat menjadi panas membuat metabolisme tubuh juga berubah-ubah. Jangan menunda lapar Anda, dan biasakan mengatur porsi makan yang pas sehingga tidak menimbulkan masalah baru dengan berat badan nantinya.

Jaga asupan makanan sehat Anda

Menjaga asupan makanan sehat bagi tubuh Anda tentu akan jauh lebih baik untuk kesehatan Anda.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh Anda

Mengkonsumsi air putih sehari-hari bagi sebagian orang akan terasa berat dengan berbagai alasan. Air putih merupakan kebutuhan pokok cairan bagi tubuh. Saat kebutuhan cairan dalam tubuh tidak terpenuhi tentu Anda akan terkena dehidrasi, panas dalam, kulit keriput, dan kesehatan yang terus menurun. Penuhi selalu kebutuhan cairan tubuh Anda dengan rajin mengkonsumsi air putih.

Nah sahabat teras, meski musim yang berganti dengan tidak tentu seperti sekarang ini tubuh Anda akan selalu sehat dengan sistem imun tubuh yang bekerja dengan baik. Tips menjaga kesehatan di musim pancaroba ini semoga memberi manfaat bagi kesehatan tubuh Anda dan keluarga serta orang-orang yang Anda cintai. (Christin)