Tips mengurangi resiko penyakit jantung bagi wanita

resiko penyakit jantung bagi wanita

Kegiatan, pola makan dan pola hidup sekarang ini memicu resiko terjadinya berbagai penyakit kronis seperti jantung, darah tinggi, diabetes, kanker dan masih banyak lagi. Salah satu resiko penyakit yang akan kita bahas di sini adalah resiko penyakit jantung.

Resiko penyakit jantung merupakan faktor resiko yang tidak dapat diubah seperti umur, silsilah keluarga, dan lain sebagainya. Resiko yang dapat diubah seperti kebiasaan merokok, diabetes, kurang olahraga, tekanan darah tinggi dan lain sebagainya. Berikut ini tips mengurangi resiko penyakit jantung bagi wanita :

Hindari kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok merupakan resiko tinggi bagi wanita. Berhentilah dari kebiasaan merokok untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

Kontrol berat badan Anda

Tubuh yang sehat tentu saja mempunyai berat badan yang ideal. Kontrol berat badan Anda secara rutin untuk menghindari menumpuknya lemak pada tubuh yang menyebabkan resiko penyakit jantung.

Kontrol tekanan darah secara rutin

Tekanan darah yang dikontrol secara rutin dapat memperkecil resiko penyakit jantung  dan stroke pada wanita. Tekanan darah yang terlampau tinggi dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah di otak dan gagal jantung.

Kontrol kadar kolesterol Anda

Pola makan yang tidak teratur dan lebih sering mengkonsumsi makanan instan dapat menyebabkan kadar kolesterol naik. Kolesterol yang terlalu tinggi dapat menumpuk di pembuluh arteri dan menyumbat aliran darah ke jantung. Tentu saja hal ini dapat menimbulkan resiko penyakit jantung.

Kontrol kadar gula dalam darah Anda

Konsumsi makanan dan gula berlebih dapat menyebabkan resiko penyakit jantung. Kadar gula dalam darah Anda sebaiknya dicek secara rutin agar tidak terjadi diabetes melitus yang akhirnya menyebabkan terjadinya penyakit jantung.

Olahraga teratur

Salah satu cara untuk menghindari berbagai penyakit khususnya penyakit jantung adalah dengan rutin berolahraga. Sisihkan waktu 30 menit setiap harinya untuk berolahraga agar tubuh Anda selalu sehat dan bugar.

Hindari stress

Aktivitas dan kegiatan yang tinggi dapat menyebabkan beban hidup Anda bertambah sehingga memicu timbulnya stress. Luangkan waktu Anda untuk merefresh otak dan menginstirahatkan pikiran dari penatnya kesibukan.

Konsumsi makanan sehat

Untuk menghindari resiko penyakit jantung, selain menjaga kesehatan seperti di atas sebaiknya Anda juga mengkonsumsi makanan sehat dari olahan rumahan. Hindari makanan instan dan junkfood agar terhindar dari resiko penyakit jantung.

Informasi kesehatan ini semoga bermanfaat bagi Anda. Jagalah kesehatan tubuh Anda dengan tips menghindari resiko penyakit jantung bagi wanita. (Christin)