Tips Memancing Sidat

sidat

Sahabat mancing teraswarta, memancing salah satu jenis ikan tawar yang satu ini bisa dikatakan sama dengan memancing jenis ikan tawar lain, yang membedakan adalah bahwa ikan yang satu ini biasanya dipancing pada malam hari. Sidat, demikian biasa kita kenal.

Anguilla marmorata adalah nama latin ikan yang biasa kita sebut sebagai moa, sidat atau pelus. Salah satu spesies yang hidup pada perairan yang biasanya dalam dan terdapat banyak lubang-lubang sebagai tempat bersembunyi. Saat ini sidat memang bukan ikan yang cukup mudah ditemukan, terlebih adanya cara penangkapan yang tidak semestinya seperti menggunakan obat atau juga setrum. Salah satu cara yang bisa dikata sebagai mesin pembunuh yang tak mengenal kata bagaimana kelanjutan ekosistem sebuah spesies, padahal saat memancing dan tidak mendapat, ada saja keluhan yang muncul.

Memancing sidat tak membutuhkan sebuah keahlian khusus, hanya saja kita harus menemukan tempat-tempat yang terkadang memang tak mudah ditemukan. Di yogyakarta sendiri ikan sidat ini bisa kita temukan di hampir seluruh sungai-sungai atau “gejlig” (bendungan) yang masih alami tentunya. Sebagai contoh didaerah bantul atau daerah godean.

Umpan memancing sidat ini juga tak terlalu istimewa meski menurut banyak orang yang biasa memancing ikan satu ini, sidat membutuhkan umpan-umpan yang berbau kuat. Maka biasanya juga para pemancing sidat menggunakan umpan berupa cacing unthel, usus ayam, atau sejenisnya. Bau amis yang kuat inilah yang akan menari, perhatian sidat untuk mendekat dari endusan bau yang terbawa oleh arus air.

Ikan ini dalam memakan tak terlalu agresif bahkan terkadang seperti hanya tersangkut sampah saja. Hal ini karena sidat memakan dengan cara “menyedot umpan” dan bergerak mundur dengan perlahan. Hanya jangan salah, ikan ini cukup kuat untuk melakukan gerakan-gerakan memutar yang cukup kuat setelah terkena mata kail. Hal ini yang membuat kita butuh senar yang kuat tentunya agar tidak putus begitu saja melawan lilitan sidat yang terkena mata kail kita. Siapkan juga pancing cadangan saat kita memancing sidat karena bisa jadi mata kail tertelan jauh ke dalam perut sidat.

Demikian sedikit ulasan tentang memancing sidat, semoga manfaat dan selamat mencoba. Selalu jaga diri dari binatang liar lain saat memancing malam. Ada baiknya menggunakan sepatu boot yang tinggi untuk menghindari hewan melata yang berbahaya pada malamhari. (chip)