Tehnik Melepas Jebakan Saat Memancing

cara

Sahabat mancing teraswarta, saat memancing di mana saja akan selalu saja ada hambatan yakni terjebaknya pancing kita pada sampah-sampah atau rumput-rumput karang yang kuat. Berikut adalah beberapa trik untuk dapat melepaskan jebakan tersebut.

Melepas jebakan senar

Senar yang kita pakai untuk memancing ini memiliki kekuatan yang terkadang terasa sulit untuk ditangani. Ini semua karena bahan senar yang kita pakai memiliki kelenturan yang membuat tenaga kita ikut pada alur senar yang merenggang. Jangan khawatir akan hal ini. Cara yang termudah adalah menggulung senar sampai melalui batas kelenturannya. Ambil senar di luar joran untuk menghindari patahnya joran. Tarik dengan tangan Anda pada batas kekuatan kelenturan senar. Ini akan melepaskan atau memutus ikatan pada kail atau pemberat yang terjebak.

Melepas jebakan Line PE

Line PE memang memiliki kekuatan yang biasanya jauh lebih kuat dari senar, hanya keuntungan dalam melepas jebakan karang atau sampah adalah line PE ini tidak akan mengalami kelenturan seperti senar. Cara yang termudah adalah dengan menggulung sampai batas kelenturan line PE dan hentakkan dengan sekuat tenaga joran Anda. Ini akan melepas jebakan rumput karang. Resiko lain hanya akan memutus leader depan atau juga kail.

Melepas jebakan mata kail

Melepas mata kail yang terjebak saat memancing ini memang tidak mudah. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menarik sampai putus senar atau line PE kita. Cara yang lain adalah dengan membuat mata kail yang patah atau rusak. Cara ini adalah dengan cara menahan line PE atau senar pada rentang yang maksimal sampai beberapa saat. Asumsinya adalah line PE atau senar lebih kuat dari mata kail. Hentakan yang kuat juga bisa Anda lakukan sehingga jebakan yang menyangkut sobek atau patah.

Melepas jebakan pemberat

Ini tidaklah mudah karena bisa jadi bila telah berkubang dalam jebakan pemberat ini bisa terkait dengan sangat kuat. Selain membuat line atau PE putus adalah dengan antispasi sebelumnya. Antispasi itu adalah apabila Anda memilih pemberat, pilihlah yang tanpa sudut bila Anda hanya menggunakan satu pemberat. Untuk yang menggunakan pemberat lebih dari satu dan berukuran berbeda, maka letakkan yang paling besar pada paling ujung.

Demikian beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi jebakan saat memancing. Semoga bermanfaat untuk Anda di antara berbagai cara lain yang bisa dilakukan di lapangan. Salam strike dan jaga keselamatan selalu, terlebih saat berada di spot ekstrim. (chipriant)