Manfaat menangis untuk kesehatan

manfaat menangis

Sahabat, terkadang rasa sedih, duka muncul begitu saja dengan adanya moment tertentu dalam hidup kita. Rasa ini kadang membuat kita meneteskan air mata. Saat hati begitu tertekan karena adanya masalah yang menghimpit solusi yang melegakan adalah menangis. Tentu saja menangis ini tak menyelesaikan masalah, Anda tetap harus mencari solusi atas masalah Anda.

Ada beberapa manfat menangis untuk kesehatan yang ternyata dapat Anda peroleh dengan moment ini. Namun ada baiknya Anda tidak larut dalam kesedihan yang menimbulkan tangis terus menerus. Berikut manfaat menangis untuk kesehatan :

  • Menangis dapat membantu Anda meluapkan perasaan, emosi-emosi yang tertahan atas perasaan negatif yang dipendam dalam hati. Emosi yang selalu tertahan dapat menyebabkan penyakit darah tinggi, diabetes dan arthritis.
  • Menangis juga dapat berfungsi untuk meningkatkan mood Anda. Ada air mata bahagia atau terharu atas suatu pencapaian tujuan hidup dapat meningkatkan mood serta membuat Anda merasa lebih bahagia.
  • Menangis memang lebih mudah dialami oleh wanita. Menangis dapat membantu melepaskan stress dan beban pikiran yang berlebih yang dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis seperti stroke, jantung dan diabetes.
  • Tekanan darah yang tidak normal biasanya disebabkan oleh kondisi emosi yang tidak stabil. Saat moment tertentu, menangis dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan emosi yang dilepaskan dengan cara menangis. Setelah menangis biasanya muncul kelegaan dan pengaturan nafas lebih baik. Selain itu Anda menjadi lebih bersemangat menjalani hari Anda.
  • Menangis ternyata dapat kita ambil keuntungannya sebagai pembersih mata alami tanpa menggunakan obat. Air mata kita mengandung enzim yang bersifat antibakteri yaitu enzim lisozim. Enzim ini dapat menghancurkan dinding sel bakteri di mata.  Selain itu air mata juga dapat menghancurkan bakteri yang menyebabkan terjadinya iritasi pada mata.
  • Menangis juga mempunyai manfaat lainya yaitu membantu melepaskan endofrin dalam tubuh. Endofrin adalah zat kimia yang dapat menimbulkan rasa tenang. Endofrin ini juga mencegah sinyal yang menyebabkan nyeri pada otak dan pengalaman yang menyebabkan trauma.

Nah sahabat, menangis tidak selamanya salah. Menangis kadang sangat kita perlukan sebagai pembersih mata alami. Bagi Anda yang merasa gengsi apabila menangis tentu tak akan memperoleh rasa yang melegakan dan semangat lebih. Manfaat menangis untuk kesehatan ini tentu dapat Anda peroleh tanpa sengaja dalam kehidupan sehari-hari Anda. (Christin)