Manfaat Beras untuk Kesehatan Tubuh

manfaat beras

Sahabat, mendengar kata beras tentu saja sudah tidak asing di negeri kita ini. Tanaman padi mudah tumbuh di tanah subur yang basah. Padi inilah yang nantinya setelah memasuki masa panen dan telah diproses akhirnya menjadi beras dan dimasak menjadi nasi atau bahan makanan lainnya. Di Indonesia beras merupakan makanan pokok sehari-hari. Di nusantara ini masyarakatnya sudah sangat tergantung dengan olahan makanan dari beras.

Mengkonsumsi beras dalam bentuk nasi bagi penderita diabetes tentu saja harus dibatasi agar tidak menimbulkan kelebihan gula. Namun bagi masyarakat umum tentu saja beras menjadi makanan pokok setiap harinya. Berikut ini manfaat beras untuk kesehatan tubuh :

  • Beras yang diolah menjadi nasi atau makanan lainya merupakan sumber energi bagi tubuh. Beras merupakan sumber karbohidrat yang cukup tinggi. Nutrisi yang terkandung dalam beras dapat mengoptimalkan kinerja organ-organ dalam tubuh.
  • Beras juga dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Beras tidak mengandung kolesterol dan lemak jahat yang dapat menimbulkan resiko jantung.
  • Beras dapat diolah menjadi makanan apa saja tanpa menghilangkan nutrisi di dalamnya. Beras mengandung sodium  berjumlah rendah. Kandungan sodium tinggi  pada makanan tertentu dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah atau arteri dan menimbulkan resiko tekanan darah tinggi.
  • Beras juga dipercaya mampu mencegah terjadinya kanker kolerektal dan kanker usus. Hal ini dikarenakan beras mengandung serat tinggi, vitamin A dan C, serta flavonoid.
  • Beras juga mengandung senyawa fenolik yang dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke otak.
  • Mengkonsumsi beras yang diolah baik dan sehat dapat membantu menyehatkan organ pencernaan Anda. Hal ini terjadi karena beras mengandung serat yang tinggi.

Nah sahabat, beberapa manfaat beras untuk kesehatan tubuh di atas semoga dapat menambah wawasan Anda. Ada baiknya pula agar Anda selalu mengatur jumlah porsi nasi yang Anda konsumsi setiap harinya agar berat badan dan kesehatan Anda terjaga. (Christin)