Makanan dan Minuman yang Baik untuk Mencegah Jerawat

aneka makanan berguna untuk perawatan

Sahabat, masalah kulit bisa timbul kapan saja. Polusi udara, debu, kotoran dan pola makan dapat menyebabkan kulit menjadi cepat bermasalah. Masalah yang sering timbul adalah munculnya jerawat, komedo, pori-pori membesar dan kulit yang kusam.

Pola makan dan gaya hidup tentu saja mempengaruhi kecantikan dan kesehatan kulit Anda. Oleh karena itu ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan dan minuman sehat sehari-hari untuk memperoleh kulit bersih bebas masalah. Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang baik untuk mencegah jerawat bagi Anda :

Mengkonsumsi teh hijau

Minuman yang satu ini sudah terkenal dari zaman dahulu yang dipercaya mengandung antioksidan terbaik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Salah satu teh yang dapat mencegah timbulnya jerawat adalah teh hijau. Jenis teh ini mengandung polifenol yang bersifat anti inflamasi dan melindungi membran sel kulit kita. Selain itu jenis teh ini juga baik untuk mencegah resiko terjadinya kanker kulit.

Mengkonsumsi air putih

Bukan hal baru kalau air putih mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Selain untuk menjaga kesehatan dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga membantu tubuh mengurai racun dengan mengeluarkannya melalui keringat dan urin. Apabila Anda kekurangan air putih maka tubuh akan mengalami kesulitan untuk meregenerasi sel-sel dan membuang kotoran atau racun yang menempel dalam tubuh. Menumpuknya kotoran dalam tubuh inilh yang menimbulkan sel jahat dalam tubuh penyebab terjadinya jerawat.

Mengkonsumsi susu rendah lemak

Bagi Anda sahabat teras yang menyukai konsumsi susu setiap hari, ada baiknya Anda memilih jenis susu rendah lemak. Susu rendah lemak selain menyehatkan tubuh juga memaksimalkan tubuh memperoleh vitamin A bagi kesehatan kulit dan mengatasi timbulnya jerawat.

Mengkonsumsi susu kedelai

Sekarang ini mengkonsumsi susu kedelai menjadi pilihan konsumen. Hal ini terjadi karena susu kedelai mengandung asam lemak esensial omega 3 dan omega 6 yang baik bagi tubuh dan kulit. Susu kedelai juga baik untuk melindungi membran sel kulit untuk melindungi kulit ari sel-sel jahat.

Mengkonsumsi gandum

Pola makan dan hidup sehat sekarang ini sepertinya sedikit terabaikan dengan adanya berbagai makanan instant yang menggiurkan. Namun tak disadari bahwa makanan instant inilah yang dapat menimbulkan berbagai penyakit dan kesehatan kulit. Mengkonsumsi gandum merupakan sumber makanan terbaik untuk mencegah timbulnya jerawat. Gandum merupakan sumber mineral selenium yang baik untuk menjaga sel-sel kulit agar selalu sehat terhindar dari jerawat.

Mengkonsumsi buah-buahan

Buah selain baik untuk kesehatan sebagai sumber vitamin C juga baik untuk kulit. Pilihlah buah yang menyehatkan kulit seperti buah berry, apel, jeruk, anggur, kiwi dan beberapa buah lainnya.

Nah, sahabat mulai sekarang tak ada salahnya jika Anda mulai mengkonsumsi makanan di atas. Selain sehat juga dapat menjaga berat badan Anda agar selalu seimbang. Beberapa makanan dan minuman yang baik untuk mencegah jerawat di atas akan menjadikan kulit Anda sehat, bebas jerawat dan sehat untuk tubuh. (Christin)