Hal-hal yang Mempengaruhi Kesehatan Mata

kacamata

Sahabat teras yang berbahagia, saat ini kesibukan akan berbagai aktivitas sehari-hari membuat ruang gerak menjadi sempit. Akhirnya makanan instanpun menjadi alternatif termudah. Kurangnya waktu istirahat dan makan menjadi tidak teratur.

Gaya hidup serba instan di usia muda akan berpengaruh pada kesehatan di masa tua Anda khususnya terhadap mata. Berikut ini hal-hal yang mempengaruhi kesehatan mata untuk Anda :

Berat badan yang berlebih
Konsumsi makanan kemasan dan mengandung lemak jenuh tinggi dapat mengganggu kesehatan. Kelebihan lemak jenuh inilah yang menjadikan berat badan menjadi naik. Bagi kesehatan, kelebihan berat badan dapat menyebabkan resiko diabetes tipe 2 yang berhubungan erat dengan kesehatan mata, ginjal, jantung, saraf dan katarak.

Konsumsi makanan tidak sehat
Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang tidak menyadari sepenuhnya akan kandungan makanan yang Anda konsumsi. Makanan sehat adalah makanan dengan menu seimbang yang akan melindungi kesehatan khususnya jantung dan mata.

Terkena paparan sinar matahari 
Paparan sinar matahari langsung tentu saja tidak hanya merusak kulit tetapi cukup membahayakan juga untuk kesehatan khususnya mata. Biasakan menggunakan kacamata jika harus berada di luar ruangan terlalu lama.

Kebiasaan merokok
Gaya hidup saat ini membuat sebagian orang susah menghentikan kebiasaan merokok. Kesehatan mata dipercaya dipengaruhi oleh asap rokok yang berlebih. Kandungan zat berbahaya pada rokok berpotensi mengganggu kesehatan mata Anda di usia senja.

Hal-hal yang mempengaruhi kesehatan mata di atas dapat Anda hindari agar kondisi tubuh di usia senja lebih sehat. Hindari kebiasaan yang berbahaya bagi kesehatan dan gaya hidup instan. Konsumsi buah dan sayuran setiap harinya dapat membantu menjaga kesehatan Anda khususnya mata. (Christin)