Hal – hal yang dapat menyebabkan kanker serviks

kanker serviks

Sahabat wanita teras, saat ini cukup sering kita dengar mengenai salah satu penyakit berbahaya yaitu kanker serviks. Jenis penyakit ini cukup menjadi momok terbesar bagi wanita. Penyakit ini disebabkan oleh virus human papiloma yang menyerang organ reproduksi wanita. Kanker serviks ternyata tidak dapat dideteksi secara dini, namun pola hidup yang tidak baik dipercaya memicu timbulnya penyakit ini.Berikut ini hal-hal yang dapat menyebabkan kanker serviks :

Obesitas

Obesitas atau biasa disebut kelebihan berat badan dipercaya dapat menyebabkan timbulnya kanker serviks. Kelebihan berat badan yang memicu masalah kanker serviks adalah naiknya berat badan tanpa kontrol karena pola dan gaya hidup yang buruk.

Diet tidak sehat

Diet yang sehat adalah tetap mengkonsumsi makanan berupa buah dan sayur. Beberapa orang yang menjalani diet terkadang tidak memperhatikan pola makan yang baik sehingga memicu timbulnya penyakit kanker serviks.

Mengkonsumsi minuman beralkohol

Gaya hidup masa kini terkadang membahayakan kesehatan. Kehidupan malam dan terlalu seringnya mengkonsumsi minuman beralkohol dipercaya dapat memicu timbulnya kanker serviks.

Kebiasaan merokok

Wanita yang mengkonsumsi rokok dalam setiap harinya rentan terhadap penyakit ini. Hal ini terjadi karena adanya zat-zat berbahaya dalam rokok.

Mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi oleh zat kimia

Gaya hiup masa kini cenderung membuat kita mengkonsumsi makanan instan daripada mengkonsumsi makanan rumahan. Makanan-makanan yang mengandung perasa, pengawet, pewarna atau bahan kimia lainnya dapat memicu timbulnya penyakit kanker khususnya kanker serviks. Makanan yang diolah dengan dibakar jika tidak hati-hati juga dapat memicu penyakit kanker serviks. Menggunakan minyak yang telah dipakai berkali-kali, membakar makanan dengan setengah matangpun dapat memicu timbulnya kanker serviks.

Sex bebas

Gaya hidup dengan berganti-ganti pasangan sangat rentan terhadap jenis penyakit ini. Infeksi dapat terjadi dari virus yang tersebar melalui alat kelamin.

Selalu menjaga kebersihan miss V

Hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker serviks adalah selalu menjaga kebersihan miss V Anda. Lebih memperhatikan kondisi miss V seperti saat haid, lembab dan pastikan miss V Anda selalu dalam keadaan kering.

Nah sahabat, mulai sekarang yuk jalankan pola hidup yang sehat agar selalu terhindar dari berbagai penyakit. Hal-hal yang dapat menyebabkan kanker serviks ini dapat kita lakukan sehari-hari dan pastikan pola makan Anda juga baik. (Christin)