Gua Maria Sendang Rosario Ngijorejo Gunungkidul

Gua Maria

Wisata religi teraswarta kali ini berada di sebuah desa yang terletak di timur hutan Wanagama atau timur bandara udara Gading. Lebih tepatnya sebuah tempat ziarah Gua Maria Sendang Rosario di desa Ngijorejo, Gading, Playen, Gunungkidul.

Sebuah tempat beribadah umat Katolik pada khususnya terutama dalam doa devosi kepada Santa Perawan Maria yang merupakan Ibu dari Yesus Kristus. Adapun gua Maria ini sendiri digagas oleh Pastor T. Widyana SJ yang saat itu terpesona dengan keindahan alam serta sumber air jernih yang muncul dari sebuah mata air yang biasa dikenal dengan sebutan Sendang. Keberadaan sendang itu saat ini juga masih ada dengan mata air yang jernih. Terletak tepat di bawah pohon munggur yang menjulang tinggi, di belakang patung Santa Perawan Maria.

sendang

Gua maria ini diresmikan pada 11 februari 1962 oleh pastor T. Widyana SJ. Pada tahun 1975 sendang Maria ini direnovasi dan diresmikan kembali oleh Kardinal Justinus Darmo Yuwono, Pr. Tak berhenti di sini saja, perbaikan demi perbaikan terus diadakan oleh Paroki di Gunungkidul ini, maka pada tanggal 21 juni 1997 diadakan kembali peresmian atas renovasi kedua oleh Uskup Tanjung Karang, Mgr. A. Henry Soesanto SCJ.

Saat ini gua Maria Sendang Ratu Rosario ini telah lebih nyaman dan masih tetap memberikan suasana yang nyaman dan sejuk di antara rindangnya pepohonan untuk berdoa dan mencari ketenangan. Sebuah Kapel juga telah berdiri cukup megah disamping kanan area berziarah, bahkan tersedia juga sebuah balai atau pendopo yang bisa digunakan sebagai aktifitas lainnya.

Untuk sampai menuju ke tempat ziarah ini tidaklah sulit. Dari jalan Yogya menuju wonosari, setelah menemukan perempatan pertama setelah hutan bunder Anda bisa mengambil jalan belok kiri mengikuti jalan utama beraspal yang lurus sampai menemukan sebuah kapel lama ngijorejo yang berbahan kayu. Dari situ Anda akan bisa menemukan petunjuk yang cukup jelas menuju ke tempat ziarah satu ini.

Wahana wisata religi bagi Anda dan keluarga di sisi rekreasi lain yang umum dilakukan. Semoga bermanfaat bagi kehidupan rohani Anda dan keluarga serta orang-orang sekeliling Anda. Salamteras.