Beberapa makanan penunda lapar

buah mangga

salah satu makanan penunda lapar

Sahabat teras, mempunyai berat badan yang ideal tentu saja membutuhkan kejelian saat mengkonsumsi makanan. Hal yang perlu iperhatikan adalah porsi gula an kalori setiap harinya. Apabila terlalu banyak konsumsi gula tentu saja tiak baik untuk kesehatan juga akan bermasalah dengan berat badan.

Saat berat badan terus bertambah tak ada salahnya jika Anda segera mengurangi konsumsi makanan atau melakukan diet. Saat sedang diet hal yang paling menyulitkan adalah rasa lapar yang timbul dan mengganggu kenyamanan Anda. Berikut ini beberapa makanan penunda lapar untuk Anda :

Kacang-kacangan

Kacang mempunyai kandungan protein dan serat  tinggi. Oleh karena itu kacang-kacangan  dipercaya mampu memberi rasa kenyang lebih lama.

Sayuran hijau

Sayuran hijau selain sehat untuk tubuh juga baik untuk membantu proses metabolisme tubuh, menjaga kecantikan kulit, serta dapat digunakan untuk menunda lapar. Sayuran merupakan makanan yang rendah kalori seperti brokoli, bayam, asparagus dan lain sebagainya.

Ikan

Ikan merupakan sumber protein hewani yang mengandung omega 3  dan asam lemak. Asam lemak yang terdapat pada ikan dapat membantu proses metabolisme tubuh dan menurunkan kolesterol. Cara memasak yang direkomendasikan adalah dengan mengukus atau dipanggang. Hindari penggunaan minyak terlalu banyak.

Susu rendah lemak

Sumber kalsium yang baik adalah dari susu rendah lemak. Memilih susu rendah lemak lebih baik untuk menghindari penumpukan lemak di tubuh. Susu rendah lemak ini dipercaya dapat menunda rasa lapar yang menyerang Anda.

Buah apel

Buah apel sudah dipercaya dari dahulu sebagai makanan atau buah yang memberi efek kenyang lebih lama. Tak heran jika buah apel menjadi makanan utama beberapa orang yang menjalani program diet.

Buah mangga

Buah mangga mengandung vitamin C dan serat yang tinggi. Mengkonsumsi mangga dapat memberi efek kenyang lebih lama sehingga dapat menjadi penunda rasa lapar Anda.

Puding

Puding sangat baik untuk membantu proses metabolisme tubuh. Jenis makanan ini mengandung serat yang tinggi. Selain baik untuk diet, makanan ini baik juga untuk menunda rasa lapar Anda.

Sahabat, tak ada salahnya untuk menyediakan beberapa makanan penunda lapar di atas dalam kehidupan sehari-hari Anda. Hindari camilan berminyak atau mengandung gula tinggi saat Anda merasa lapar. Sediakan camilan sehat bagi keluarga tercinta Anda. (Christin)