Aneka Resep Masakan Lobster ala teraswarta

lobster asam manis

Sahabat, seafood merupakan jenis makanan yang saat ini menjadi kegemaran banyak orang. Selain mempunyai kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh makanan seafood juga dapat memanjakan lidah penyukanya. Berbagai menu makanan seafood dapat diperoleh di berbagai tempat. Ada yang khusus menyediakan menu seafood di area kaki lima, ada juga yang bentuk restoran besar khusus seafood. Berbagai resep masakan ini juga mudah didapatkan.

Salah satu menu seafood yang akan kami bagikan spesial untuk sahabat teraswarta adalah aneka resep masakan udang lobster. Menu ini memiliki kesamaan memasak dengan jenis udang lain pada umumnya. Kalau udang biasa bisa diolah berbagai menu begitu juga dengan jenis menu seafood ini. Menu ini bisa diolah dalam bentuk  bumbu kukus, asam manis, sambal pedas, dan masih banyak lagi. Berikut ini aneka resep  masakan lobster ala teraswarta :

Lobster bumbu kukus

Cara memasak lobster bumbu kukus ini sangat sederhana. Anda cukup menyiapkan lobster yang akan Anda masak, kemudian didihkan air setinggi 5 cm. Bersihkan lobster terlebih dahulu dengan membelah punggungnya dan bersihkan. Beri bumbu gurih bawang geprek, perasan jeruk nipis, beserta garam. Kukus selama 10 menit hingga 15 menit. Angkat dan sajikan.

Lobster bakar

Untuk mengolah lobster bakar, Anda harus merebus lobster terlebih dahulu setelah lobster dibersihkan dari kotorannya. Lobster direbus selama 5 hingga 10 menit bersama garam. Setelah itu lumuri dengan bumbu dan kecap dan panggang pada api sedang. Sajikan dengan nasi hangat dan aneka lalapan.

Sambal pedas lobster

Cara memasak sambal pedas lobster juga sama sederhananya dengan masakan lain. Sambal pedas lobster dapat Anda masak dengan cara merebus terlebih dahulu lobster yang sudah dibersihkan dan dibelah punggungnya. Siapkan sambal pedasnya dari bawang putih, garam dan cabe yang dihaluskan menjadi satu. Bisa juga Anda menambahkan terasi jika suka. Setelah itu tumis sambal pedasnya, masukkan lobster yang telah direbus, aduk rata. Tambahkan air dan gula sedikit. Masak hingga air habis dengan api sedang. Angkat dan sajikan.

Lobster asam manis

Memasak lobster asam manis hampis sama dengan cara memasak menu seafood lainnya. Siapkan lobster sebesar 450 gr,  bersihkan dengan membelah punggungnya. Siapkan bumbu berupa 6 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 butir kemiri, 5 cabai rawit merah, garam. Haluskan bumbu menjadi satu. Tumis bumbu sampai harum, masukkan lobster, aduk rata. Tambahkan gula secukupnya, 3 sendok saus sambal, 2 lembar daun jeruk. Tambahkan sedikit air, masak hingga matang selama 10 hingga 15 menit. Angkat dan sajikan bersama dengan nasi putih hangat dan aneka lalapan segar.

Nah sahabat, mudah dan sederhana bukan cara memasaknya. Selain memasak ini dijadikan hobby, memasak juga bisa menjadi cara refresh dari kepenatan sibuknya hari Anda. Aneka masakan lobster ala teraswarta ini semoga dapat menginspirasi Anda untuk memasak bagi keluarga tercinta. (Christin)