Spot Rock Fishing Ngrenehan Gunungkidul

mancing di ngrenehan

Spot mancing baru tentu saja akan selalu jadi jujugan para angler dalam mencari buruan berupa ikan-ikan predator, terlebih bagi para angler atau pemancing yang menyukai spot-spot mancing di laut dengan surf fishingnya atau juga rock fishing tentunya.

Pantai ngrenehan adalah salah satu spot yang bisa jadi bukan tempat baru bagi sebagian orang namun tentu layak juga untuk dicoba bagi Anda para pemancing yang ingin mencoba spot mancing di sana. Sekilas pantai ini memang tak terlalu luas dengan debur ombak yang bisa dikata tidaklah terlalu besar maka tidak mengherankan juga bila tempat ini menjadi tempat bersandarnya puluhan kapal nelayan.

Keadaan pantai berupa pasir pantai yang tak luas juga dan hampir semua bagian pantainya berupa karang-karang. Hal ini yang kemudian memancing pasiran pantai ngrenehan tentu bukan pilihan menarik untuk memancing. Akan ada banyak sekali bebatuan yang bisa jadi justru akan membuat kita disibukkan dengan acara memperbaiki pancing yang nyangkut di karang-karang di dasar pantai. Team teraswarta pernah mencoba dan memang yang terjadi adalah banyaknya pemberat, pancing, umpan serta senar yang terbuang percuma. Sambaran ikan juga sedikit dan “oleng-oleng” atau belut laut seolah merajai pada bagian pantai.

Pilihan terbaik adalah rock fishing dan tempatnya berada di sisi barat atau timur pantai ngrenehan dengan menempuh perjalanan yang tak terlalu jauh meski dengan medan yang cukup menantang juga. Ada banyak sekali para pemancing baik lokal maupun pendatang yang telah merasakan tarikan ikan-ikan predator seperti giant travelling, kampur, dan masih banyak lagi dengan ukuran yang bisa jadi puluhan kilo beratnya seperti cerita banyak pemancing yang bertemu kami dalam mencoba spot mancing pantai satu ini.

Pada saat tertentu khususnya hari libur spot rock fishing akan penuh dengan pemancing dan itu juga yang kami alami maka kami mencoba memancing di pantai dengan mengambil tempat di bukit yang berada agak ke tengah yang hanya bisa dicapai saat air laut surut sehingga untuk ke sana Anda juga harus bersiap dengan perlatan serta bekal yang cukup tentunya bila ingin berlama-lama disana apalagi sampai air pasang. Alasannya jelas yakni Anda harus menunggu sampai air surut untuk bisa pulang kembali tentunya. Sebuah tempat yang tak terlalu kami rekomendasikan untuk memancing karena akan lebih menjanjikan yang spot rock fishing yang terkenal dengan bitingnya..

Umpan yang bisa Anda gunakan bisa berupa ikan tongkol, udang, gurita atau juga poper di setiap bukit-bukit di sisi barat serta timur pantai ini meski tentu saja hampir sama karakternya dengan spot rock fishing lainnya di gunungkidul yakni ketinggiang rata-rata di atas 15 meter.

Untuk makan dan minum bisa Anda dapat di warung-warung makan di sana dengan menu yang bermacam-macam namun hanya buka sampai menjelang senja saja sedang pada malam hari jarang yang buka bahkan tidak ada dalam pengalaman team teraswarta. Maka ada baiknya membungkus bila ingin bermalam untuk menunggu air baik saat memancing. Lokasi menuju ke pantai ini cukuplah mudah yakni langsung saja menuju Gunungkidul dan temukan bandara udara Gading, Playen, Gunungkidul kemudian ambil ke arah kanan menuju kecamatan Playen. Lanjutkan terus menuju ke Paliyan dan setelah sampai ke desa Trowono lanjutkan ke Kanigoro sampai kemudian ke pantai Ngrenehan atau Ngobaran. Akan ada banyak penunjuk arah untuk menuju ke sana.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan selalu berhati-hati tentunya. (chipriant)