Seharum Nusantara bersuara Seni Budaya Nusantara di Mancanegara

101DSC_2331_1

Sebuah pagelaran seni budaya Indonesia diadakan oleh sebuah kelompok yang menamakan diri sebagai Seharum Nusantara beberapa waktu lalu. Sebuah kelompok yang mempromosikan harmoni serta dinamika yang ada dalam masyarakat Indonesia melalui pertunjukkan kesenian serta acara-acara budaya yang merangkul banyak pihak untuk tujuan utama memperkenalkan adat budaya serta kesenian-kesenian Nusantara di mata dunia internasional.

Kelompok ini sendiri adalah sebuah kelompok yang menyatakan diri sebagai organisasi non profit juga non politik afiliasi sehingga dalam perannya mampu membaur pada bagian-bagian kelompok serta masyarakat Indonesia dimana saja nantinya.

Seharum Nusantara berlatar belakang sebuah group tari yang berdiri semenjak tahun 2009 berbasis Gold Coast yang non profit. Para penari utama yang awalnya terdiri atas empat penari utama ini telah menari di beberapa tempat dalam acara-acara festival serta acara-acara komunita di Gold Coast, Brisbane, Toowoomba, Tweed serta Sydney. Acara-acara tahunan yang diadakan sengaja disesuaikan dengan hari Perempuan Indonesia (hari Kartini) serta perayaan lain seperti hari kemerdekaan Republik Indonesia dan lainnya. Acara yang diadakan sejauh ini selalu sukses dalam perjalanannya semenjak tahun 2009 ini, yang terlihat dari banyaknya pemirsa yang hadir dari waktu ke waktu semakin bertambah. Maka tidak mustahil bahwa pada masa-masa mendatang akan semakin dikenal di seluruh masyarakat.

Lebih lanjut   dalam pers release yang di tulis mbak Christy McMillan kepada team teraswarta mengungkapkan keinginannya akan dukungan banyak pihak serta partisipasi dari kelompok serta individu-individu terutama bagi warga negara Indonesia yang bermukim di Queensland Tenggara serta Utara NSW.

97DSC_2327

Dalam keterangan lain Beliau mengungkapkan keinginan terbesarnya untuk mengangkat potensi seni dan budaya Nusantara serta mempromosikannya ecara terus menerus dengan mensinergikan dengan budaya yang ada di Australia tanpa melupakan warisan Budaya Nusantara sesungguhnya.

Dalam sebuah acara yang baru-baru ini dalam acara perayaan hari kemerdekaan lebih dari 300 peserta yang hadir dalam acara ini yang menunjukkan betapa menariknya serta kayanya budaya Nusantara yang pantas untuk selalu dijagai kelestariannya.

 Duta Besar Indonesia untuk Australia dan Konsulat Jenderal dari Sydney memberi kami banyak dukungan dihargai dan dorongan. Sejak 13 Desember 2013 Seharum Nusantara adalah  Incorporated Organisation, demikian lebih lanjut mbak Christy McMillan mengungkapkan.

Bagaimana dengan kita yang di Indonesia? Semoga ini menjadi inspirasi tersendiri tentunya. Anda bisa mendukung juga gerakan mereka dengan me-like facebook fun page di Seharum Nusantara Gold Coast. (Yog/Chip = Fotografer : A. Yogiyono)