Pameran Karya Seni Ikatan Perupa Gunungkidul

pameran IPG

Puluhan seniman khususnya para perupa yang tergabung dalam sebuah acara pemeran seni rupa Gunungkidul  yang  digelar di Bangsal Sewokoprojo pada tanggal 13/3/2014 sampai 18/3/2014 mendatang  mampu menyedot banyak orang datang menyaksikannya.

Acara ini sendiri tak melulu memamerkan karya-karya terbaik para perupa namun juga bentuk-bentuk lain seperti patung, lukis pahat, mix media atau juga karya seni aplikasi grafis kanvas. Semua memiliki kemaknaan masing-masing seperti apa yang dibawa serta di maksudkan oleh sang pemuat karya. Karya-karya yang dipajang ini akan semakin jelas lagi dan terlengkapi rasa ingin tahu Anda bila Anda membeli Katalog  yang disediakan dengan harga Rp5.000 saja. Harga yang cukup murah namun banyak manfaat dimana Anda bisa belajar juga tentunya dengan apa yang dimaksud oleh sang perupa pada karya-karya indah dan menarik yang mereka buat.

Memasuki halaman pendopo kita akan disuguhi sebuah karya seni yang unik. Pada sisi kiri pintu masuk kita disuguhi pemandangan berupa gemelan, alat gathul untuk menyiangi rumput, alat ani-ani untuk memanen padi, juga gaplek serta jagung yang tergantung pada dinding bambu yang seolah membawa pesan untuk tidak lupa bahwa alat-alat inilah yang juga khas di Gunungkidul.

Pada sisi tengah pendopo terdapat lukisan-lukisan yang tertata pada bajak tradisional yang ditata secara sangat apik dan terkonsep di antara penataan-penataan karya lain yang juga memudahkan bagi penikmat seni melihat pameran ini.

Tak cukup di sini saja dalam acara pameran ini panitia juga mengadakan kegiatan lain seperti lomba mewarnai bagi anak-anak dan pelajar, pengenalan cinta binatang bersama kelompok pecinta reptile gunungkidul juga pagelaran kesenian yang lain dalam setiap harinya.

Ikatan perupa Gunungkidul dalam pameran kali ini membawa sebuah tema yang berjudul “Adoh Ratu Cedhak Watu”. Sebuah pepatah yang populer di Gunungkidul seperti yang terdapat dalam kurator pada catalog.

Sebuah acara yang layaknya jadi inspirasi juga bagi para kreatif untuk terus berkarya dan bila memungkinkan tentu menggandeng pihak terkait agar apa yang menjadi karya terbaik dapat tersalurkan dengan baik tentunya. (tw)