Nutrisi penting untuk pertumbuhan anak

nutrisi penting untuk anak

Konsumsi makanan sehari-hari saat ini cenderung memilih yang praktis namun mengabaikan tingkat kebersihan dan kesehatannya. Makanan yang sehat tentu saja yang mengandung nilai gizi tinggi, bersih dan higienis. Banyaknya produk makanan yang ditawarkan baik dari media sosial, elektronik dan media lain membuat asupan penting untuk anak terabaikan.

Anak-anak sesuai dengan masa pertumbuhannya tentu saja membutuhkan nutrisi penting dalam setiap harinya baik untuk anak perempuan maupun laki-laki. Asupan makanan yang sehat tentu akan berperan pada pertumbuhan dan tingkat kecerdasan pada anak. Berikut ini nutrisi penting untuk pertumbuhan anak :

Penuhi kebutuhan kalsium anak

Kalsium berfungsi untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan kerangka tubuh. Kalsium jug berfungsi penting untuk jantung dan fungsi otak. Dipenuhinya kebutuhan kalsium pada masa pertumbuhan anak akan membuat anak terhindar dari kadar lemak yang normal dalam tubuh.

Penuhi kebutuhan protein anak

Protein sangat penting untuk pertumbuhan anak untuk membangun sel-sel jaringan dalam tubuh sehingga proses metabolisme tubuh berjalan lancar.

Penuhi kebutuhan serat anak

Pada masa anak-anak banyak dijumpai anak yang susah mengkonsumsi sayur. Hal ini tentu saja mengurangi asupan kebutuhan serat pada tubuh anak itu sendiri. Serat berfungsi untuk mencegah terjadinya sembelit dan memperlancar siklus pencernaan. Serat juga berfungsi untuk membantu memaksimalkan kebutuhan vitamin dan mineral pada pertumbuhan anak.

Beri asupan yang mengandung antioksidan

Debu dan polusi udara juga sangat rentan terhadap kesehatan pertumbuhan anak. Berikan asupan yang mengandung antioksidan agar tubuh anak mampu menangkal radikal bebas yang masuk sehingga tubuh tetap sehat dan fungsi otak dapat bekerja maksimal.

Kesehatan anak pada masa pertumbuhan tentu menjadi perhatian utama para ibu. Oleh karena itu jaga selalu asupan dan nutrisi penting buah hati Anda dengan asupan yang higienis. (Christin)