Mengatasi rasa takut dan khawatir

ilustrasi opini

Sahabat teras, apakah Anda pernah merasa takut dan khawatir? Tentu setiap orang pernah mengalaminya. Dalam hidup tentu saja kita pernah menghadapi masalah dan saat masalah itu datang waktu terasa lama dan tak beroleh solusi. Saat energi kita terkuras untuk berpikir solusi biasanya muncul rasa takut. Rasa takut inilah yang terkadang membuat pemikiran kita menjadi mandul.

Rasa takut yang muncul bisa terjadi akan rasa khawatir yang berlebihan dalam menghadapi hidup. Saat hidup membutuhkan ketangkasan, kecerdasan dalam mengambil keputusan maka yang diperlukan adalah sikap berani dan berpikir positif.

Seringnya muncul rasa takut akan bayangan keputusan ke depan ini dapat mengganggu produktivitas Anda. Saat ada peluang di depan mata sekalipun Anda masih takut kerena berpikir adanya resiko.

Ketakutan yang datang dalam hidup ini mengganggu kehidupan dan rasa bahagia. Lawan rasa takut Anda dengan cara-cara yang positif juga apa adanya, seperti :

Perlunya mengungkapkan isi hati

Menyimpan masalah dan rasa takut sendirian bisa jadi menimbulkan hal yang tidak baik pada diri Anda. Tubuh Anda menjadi tidak sehat dan jauh dari rasa bahagia. Membicarakan masalah yang sedang Anda hadapi dengan orang terdekat, Anda percayai atau psikolog adalah solusinya.

Bangun nyali dan mental Anda

Saat Anda mengetahui permasalahan dan ketakutan yang Anda hadapi ada baiknya Anda membangun nyali serta mental Anda menjadi pemberani. Yakinkan pada diri Anda bahwa Anda mampu menghadapi tanpa rasa takut.

Berani bertindak

Saat Anda dituntut untuk menghadapi apa yang Anda takutkan maka hilangkan ragu dan lakukanlah. Bangun keberanian Anda dan jangan takut akan bayangan sendiri.

Berani hadapi resiko

Saat hidup menuntut kita untuk mengambil keputusan maka Anda harus berani hadapi setiap resiko yang timbul. Jangan ragu dalam mengambil keputusan dan terjun menjalani keputusan tersebut.

Sahabat, menjaga pikiran agar selalu positif merupakan kunci dari ketegaran dan keberhasilan Anda. Lawan rasa takut Anda dengan perilaku dan hal yang positif. Bahagia merupakan rasa yang harus Anda dapatkan bersama dengan orang-orang di sekeliling Anda. (Christin)