Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta

masjid gedhe

Tidak jauh dari areal alun-alun utara yogyakarta yang berada tepat di depan keraton ini atau lebih tepatnya di sisi barat alun-alun utara ini terdapat sebuah bangunan yang berdiri megah. Masjid gedhe Kauman adalah nama masjid satu ini, yang pastinya tak asing bagi siapa saja.

Masjid gedhe kauman ini merupakan salah satu bangunan yang selain memiliki arti penting bagi kehidupan religius bagi kerabat keraton Yogyakarta dan masyarakat sekitar tentu saja memiliki nilai sejarah yang tinggi. Di bangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tanggal 29 mei tahun 1773 masehi bersama dengan penghulu keraton kala itu yakni Kyai Faqih Ibrahim serta Kyai Wiryokusumo yang berperan sebagai sang arsitek bangunan masjid ini.

Tak cukup sulit tentunya untuk sampai ke masjid satu ini bila Anda ingin berwisata religi setelah berwisata budaya serta sejarah di lingkungan keraton yogyakarta. Patokan yang tentu cukup mudah adalah dengan mencapai titik pusat di alun-alun utara keraton yogyakarta seperti pada awal artikel ini. Maka Anda akan menemukan komplek masjid dengan bagunan yang sangat khas berupa dinding-dinding tinggi sebagai pembatas bangunan pada sisi-sisi luar masjid.

Pada saat-saat tertentu masjid gedhe kauman ini juga dijadikan sebagai pusat awal atau akhir arak-arak-arakan seperti pada acara yasa peksi burak dan masih banyak lagi. Sebuah tempat yang tentu sangat dekat dengan ritual-ritual keraton yogyakarta dalam banyak acara selain kegiatan agama seperti layaknya tempat ibadah yang lain.

Masjid gedhe ini berbentuk persegi tertutup yang dinamakan tajug dengan atap tiga lapis atau tumpang tiga. Pada sisi-sisi utara, timur serta selatan terdapat  kolam-kolam yang dalam ejarahnya merupakan tempat mencuci kaki bagi mereka yang hendak memasuki ruang ibadah ini. Terdapat juga berbagai bangunan-bangunan lain dengan fungsi masing-masing seperti menyimpan gamelan.

Sebuah tempat ibadah bagi Anda yang berkunjung berwisata ke yogyakarta. Tentu tak melulu berwisata ke malioboro dengan sajian pemadangan, kuliner dan keasyikan lain. Ada baiknya juga mengunjungi tempat ini sebagai tempat berwisata religi Anda. ( Chipriant-berbagai sumber)