Makanan yang bisa membuat awet muda

buah cerry untuk makanan awet muda

Sahabat, problema sekarang ini banyak menyoroti tentang radikal bebas yang menjadi pemicu utama penuaan dini. Menjadi keriput tentu saja suatu hal yang wajar jika ditilik dari usia yang semakin bertambah. Namun apabila kerutan yang timbul seiring usia bertambah terlalu mencolok tentu saja akan mengganggu penampilan dan tingkat kepercayaan diri.

Radikal bebas berupa debu, polusi udara, AC yang kotor, sinar UV, kosmetik yang telah kadaluwarsa dan masih banyak lagi memberi peran utama terjadinya kerusakan kulit.

Kulit sama halnya dengan tubuh yang membutuhkan nutrisi agar selalu sehat dan terjaga kebutuhannya. Mengkonsumsi buah, sayur, vitamin C dan air putih yang cukup dapat membantu kesehatan dan kecantikan kulit Anda menjadi lebih halus, cerah, lembut dan bersinar. Pemakaian produk perawatan tidak semua jenis kulit cocok. Oleh karena itu beri asupan untuk kulit Anda agar terbebas dari keriput dan awet muda. Berikut ini beberapa makanan yang bisa membuat awet muda, antara lain :

  • Tomat sangat baik untuk kulit. Anda dapat mengkonsumsi tomat dengan juss atau dikonsumsi langsung dan membuang bijinya. Pada buah  tomat terkandung zat locopene yang berfungsi untuk membantu mengurangi kerusakan sel-sel kulit akibat radikal bebas dan iritasi kulit.
  • Buah-buahan seperti cerry, buah berry, strawberry dan buah yang mengandung vitamin C tinggi lainnya sangat baik untuk membuat Anda menjadi awet muda. Buah-buahan ini dapat memperlancar sirkulasi darah pada tubuh sehingga wajah menjadi lebih sehat dan bersinar.
  • Selain itu ada camilan yang dapat Anda konsumsi apabila ingin awet muda yaitu biji bunga matahari. Biji bunga matahari sering disebut sebagai kuaci yang banyak digemari oleh masyarakat luas. Biji bunga matahari kaya akan vitamin E yang baik untuk membantu pembentukan kolagen, menyehatkan sel kulit, melembabkan kulit, dan menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh.
  • Camilan sehat lainnya yang dipercaya bisa membuat awet muda adalah kacang-kacangan. Camilan jenis ini mengandung senyawa hyaluronic acid  yang bisa mengurangi keriput di wajah. Apabila Anda menghindari minyak goreng dalam pengolahan kacang maka Anda dapat mengolah kacang dengan rebus atau oven.
  • Konsumsi minyak ikan secara teratur juga dipercaya dapat membuat awet muda. Kandungan omega 3 pada minyak ikan dapat membantu kulit cerah awet muda, mata indah, rambut menjadi lebih kuat, serta kuku yang kuat.

Sahabat, mulai sekarang konsumsi secara rutin jenis makanan di atas apabila Anda ingin selalu tampil awet muda. Jenis makanan yang bisa membuat awet muda  ini tentu saja tidak sulit untuk didapat dan dengan harga yang terjangkau. Rawat selalu kulit dan tubuh Anda agar senantiasa sehat, terawat dan awet muda. (Christin)