Lomba Kreativitas Se-Kabupaten Gunungkidul

lomba melukis

Ratusan anak-anak dan orang tua tumpah ruah di Pendopo Sewokoprojo pada hari minggu 16/3/2014 kemarin pagi hingga siang. Selain karena adanya pameran lukisan yang diadakan oleh ikatan perupa gunungkidul, kemarin adalah pelaksanaan acara lomba kreativitas mewarnai untuk anak-anak TK, melukis untuk anak-anak tingkat SD sampai SLTP serta APE untuk para Guru se-Kabupaten Gunungkidul.

Acara yang diprakarsai oleh Ikatan Perupa Gunungkidul atau IPG yang bekerjasama dengan Dinbudparpora Gunungkidul ini merupakan rangkaian yang memang tak lepas dari pameran. Sebuah acara yang bertujuan untuk memperkenalkan serta menumbuhkan kembali kecintaan kepada anak-anak serta masyarakat kepada karya-karya seni rupa, juga kebudayaan dan potensi lain terutama di Gunungkidul yang sangat kaya akan kreativitas. Selain itu tujuan lain adalah  mencari bakat-bakat baru di antara peserta yang hadir sebagai peserta lomba ini.

Adapun lomba yang diikuti oleh berbagai perwakilan sekolah-sekolah di seluruh gunungkidul ini memperebutkan hadiah berupa piala harapan pertama sampai juara I dari dinbudparpora yang terbagi atas kategori untuk tingkat kanak-kanak, kategori SD kelas 1-3, kategori SD kelas 4-6, kategori untuk tingkat SLTP dan terakhir untuk Guru.

Tampak anak-anak yang sebagian besar ditunggui oleh orang tua atau wali dari sekolah ini mengerjakan dengan sangat bersemangat. Setelah acara selesai acara ini mereka disuguhi dengan hiburan berupa tampilnya seniman tari dari playen, gunungkidul yang engaja datang untuk menyumbangkan bentuk kreatifitas tariannya sebagai bagian dari sebuah karya seni. (ctn)