Lima Masalah Umum Gigi

Pada awalnya sering kita tidak merasa bahwa gigi kita bermasalah lantaran tak pernah ada gangguan sama sekali. Hal ini juga yang lantas membuat kita tak memberi perhatian yang baik terhadap gigi, padahal ini semua memberi kesempatan masalah gigi datang dengan mudah.

Bukankah sebenarnya tak harus menunggu masalah-masalah sepert yang akan kita bahas dalam artikel berikut. Berikut lima masalh gigi yang umum terjadi :

Plak :

Apabila kebersihan gigi kita juga mulut tidak kita jaga dalam setiap harinya akan menimbulkan tumbuhnya plak-plak pada permukaan gigi. Ini bukan hanya akan menjadi penyebab gigi berlubang namun juga bisa menyebabkan adanya radang gusi. Apabila ini terus berlanjut maka bisa jadi penyebab gigi mudah tanggal.

Tartar :

Tartar ini adalah gangguan yang biasa kita sebut dengan karang gigi. Munculnya adalah oleh adanya plak-plak yang tumbuh pada gigi yang lama tidak dibersihkan sehingga menjadi keras dan berubah menjadi tartar.

Gigi berlubang :

Gigi berlubang atau dalam istilah lainya karies adalah salah satu gangguan yang paling jahat bagi gigi. Gula sering dianggap sebagai penyebab utama hal ini terjadi. Kandungan karbohidrat yang ada dalam sisa makanan yang tertinggal dalam gigi dan mulut terurai menjadi glukosa. Nah, glukosa dan kuman dalam mulut inilah yang lantas berubah menjadi asam laktat inilah yang lantas mengikis email gigi kita sampai menjadi berlubang.

Radang Gusi :

Gingitivis adalah istilah lain dari radang gusi ditandai dengan gusi yang bengkak, berwarna kemerahan, dan mudah berdarah. Hal ini tidaklah baik bila dibiarkan karena racun penyebab gingitivis dapat merasuk jauh lebih dalam ke jaringan penyangga gigi sehingga menyebabkan munculnya radang pada akar gigi. Apabila dalam keadaan parah, gigi kita bisa mudah goyah dan tanggal.

Bau mulut :

Banyak penyebab bau mulut ini mulai dari rokok, sisa makanan yang membusuk pada sela-sela serta lubang gigi. Jangan abaikan hal ini lantaran ini tak hanya akan menggangu kenyamanan Anda namun juga lingkungan sekitar Anda.

Demikian beberapa masalah pada gigi yang diambil dari beberapa sumber yang umum terjadi. Semoga ini bermanfaat dan jangan lupa selalu jaga kebersihan mulut serta gigi Anda agar sehat selalu. (tw)