Keindahan Pura pantai Ngobaran

ngobaran

Salah satu destinasi wisata pantai yang berada di gunungkidul ini memang tak menawarkan luasnya pasir pantai yang bisa untuk bermain-main layaknya wisata pantai lainnya. Wisata alam dan religi disuguhkan tepi pantai selatan ini. Desa Kanigoro, kecamatan Saptosari, Gunungkidul adalah titik tepat pantai Ngobaran ini. Sebuah tempat yang tak jauh dari Pantai Ngrenehan yang cukup terkenal.

Pantai Ngobaran ini akan mulai terlihat keindahannya tak hanya saat air pasang di mana kita akan bisa menemukan agungnya karya Tuhan dalam gulungan demi gulungan ombak yang menuju ke tepian pantai yang terbatasi tingginya karang lautan. Saat surut pantai ngobaran ini akan menunjukkan kecantikannya dengan membentangkan luasnya pantai karang yang tertutup oleh rumput laut yang menghijau.  

Ngobaran ini memiliki banyak kisah religi yang kono merupakan tempat terakhir dari Brawijaya V yang melakukan pelarian waktu itu dan moksa di tempat ini. Maka tidak mengherankan juga bila kemudian tempat ini terdapat bangunan berupa pura-pura sebagai tempat beribadat bagi masyarakat sekitar yang adalah keturunan dari Brawijaya V ini.

Bangunan pura-pura ini dibangun semenjak dari tahun 2003 sampai saat ini. Banyak yang datang beribadah dari aliran kejawen atau bisa dikatakan sebagai perpaduan inkulturasi budaya dari adat jawa serta hindu. Pada waktu-waktu tertentu bahkan datang para peziarah yang datang dari pulau bali karena memang banyak cerita yang mengatakan tentang hubungan erat antara pantai satu ini dengan pulau Bali.

pura di ngobaran

Bangunan-bangunan yang ada di sana tak melulu pura saja melainkan juga terdapat Pendopo, juga masjid sehingga bagi Anda yang beragama lain pun bisa melakukan ziarah ke tempat ini sembari menikmati wisata alam.

Terdapat juga warung-warung serta tempat parkir yang cukup luas dan nyaman bagi Anda dan keluarga. Jarak dari kota yogyakarta kurang lebih 65 kilometer denga jalan yang sudah halus dan nyaman untuk Anda lalui. Untuk sampai kesana Anda bisa melalui rute di awali dari kota Yogyakarta menuju ke kota Gunungkidul. Temukan pertigaan yang berada di Gading, playen dengan tanda lapangan udara. Dari sini ambil arah kanan menuju kecamatan playen. Dari kecamatan ini lanjutkan perjalanan menuju ke Trowono. Akan ada pemandangan bukit-bukit khas Gunungkidul juga PUSDIKLATPUR TNI. Dari sini ambil arah lurus dengan jalan kecil dan berkelok menuju pantai Ngrenehan serta Ngobaran. Akan ada juga banyak penunjuk arah yang memudahkan Anda menemukan tempat ini. (chipriant)