Jupiter Aerobatic Team Meriahkan Jogja Air Show IX Tahun 2014

penerbangan sepanduk Jogja Air Show 2014

penerbangan sepanduk Jogja Air Show 2014

Tiga objek wisata di kab.Bantul dan Gunung Kidul selama tiga hari ini penuh dengan aktifitas kedirgantaraan, acara yang bertajuk “Pelangi Nusantara Jogja Air Show ke IX Tahun 2014” sukses digelar mulai dari hari Jum’at (28/2) hingga Minggu (2/3). Kemeriahan ini dapat dirasakan pengunjung mulai dari objek wisata Watu Gumpit, Gunung Kidul, objek wisata pantai Parangtritis hingga pantai Depok sebagai pusat di selenggarakan event ini.

Hal yang spesial dalam even Jogja Air Show 2014 kali ini adalah beberapa kegiatan pemecahan rekor Muri. Rekor Muri yang akan di pecahkan antara lain adalah penerjunan masal dan salah satu penerjun membawa pita berukuran lebih kurang 800 meter sert penerbangan masal pesawat kayu dari SMK Penerbangan Adisutjipto Yogyakarta yang dilaksanakan pada hari Minggu (2/3). Jenis kegiatan yang ada di dalam JAS 2014 meliputi gantole, paralayang, paramotor, hang gliding, microlight, aeortowing gantole, aeromodeling, dragon banner, joyfligh, dan fly pass pesaway swayasa,serta dimeriahkan juga dengan adanya even lainnya seperti lomba foto dirgantara, lomba sepatu roda dan pertunjukan seni tradisional.

Siswa SMK Pnerbangan tengah bersiap menerbangkan pesawat masal

Siswa SMK Pnerbangan tengah bersiap menerbangkan pesawat masal

Kasie Binpotdirga Lanud Adisutjipto, Letkol Kes DR Yulianto, mengatakan “event tahunan ini telah menjadi agenda rutin kami untuk meningkatkan sadar wisata dan membantu mempromosikan pariwisata DIY menuju go internasional”. Terangnya. Dalam even ini juga akan di datangkan tamu khusus yaitu spesial perform dari Jupiter Aerobatic Team (JAT) yang sudah malang melintang mewakili Indonesia di ajang Aerobatik. Yulianto menerangkan bahwa JAT sudah diberi ijin oleh KSAU untuk melakukan manuver di atas pantai Depok pada hari Minggu (2/3). “KSAU sudah mengularkan ijin tim JAT menggunakan 6 pesawat buatan Korea Selatan untuk tampil dengan 18 manuver spektakulernya”.

Acara yang dihadiri oleh Menpora KRMT Roy Suryo dengan menaiki hand gliding motor dari Lanud Adisutjipto menuju pantai Depok ini pun menjadi perhatian pengunjung JAS 2014. Dalam sambutannya Roy Suryo mengapresiasi acara yang diseglar oleh FASI DIY setiap tahunnya, dirinya bukan hanya sebatas mendukung namun juga mendorong kegiatan rutin ini khususnya kawasan pantai Depok menjadi  Indonesian Airsport centre. Beliau mengatakan harus bercermin pada kasus yang ada di Bali “Jangan seperti ada yang di pulau Bali itu, ada lahan yang masih dimiliki oleh pribadi, sehingga terjadi sengketa, hal yang terpenting juga harus di bicarakan dengan Ngarso (Sri Sultan HB X) untuk masalah lahan ini” ungkapnya. Selain Menpora bersama istrinya, acara ini juga dihadiri oleh Sri Paduka Pakualam ke IX dan juga Bupati Bantul serta Bupati Gunung Kidul. Dalam JAS 2014 selain anggota FASI dan TNI AU sebagai peserta, juga terdapat peserta dari luar negeri seperti Malaysia, Thailand, Filiphina , Korea Utara, dan sebagian WNA yang tinggal di Bali.

Menpora Roy Suryo disambut istri, usai melakukan penerbangan dengan hand glindng motor

Menpora Roy Suryo disambut istri, usai melakukan penerbangan dengan hand glindng motor

 Spesial Perform Jupiter Aerobatic Team (JAT)

Dalam dunia aerobatik dan pengemar olahraga dirgantara tentu nama tim Jupiter sudah tidak asing ditelinga. Tim Jupiter ini merupakan tim aerobatik yang dimiliki oleh Indonesia dan merupakan kebanggaan bangsa. Tim ini sudah malang melintang di dunia aerobatik dan sudah mengikuti kejuaraan aerobatik tingkat dunia di berbagai negara, salah satunya yang terakhir kemarin diikuti oleh tim ini adalah di Singapura.

Jupiter Aerobatic Team (JAT)

Jupiter Aerobatic Team (JAT)

Hari ini Minggu (2/3) Jupiter Aerobatic Team (JAT) secara khusus menampilkan manuver-manuver terbaiknya diatas langit Jogja Air Show 2014, ribuan pasang mata menyaksikan tim ini bernauver membentuk pola-pola tertentu. Saat diwawancara Ketua harian FASI DIY, Kol. PNB Wahyu Anggono mangatakan “JAS kali ini memang spesial karena selain memecahkan rekor MURI juga kedatangan tamu spesial yaitu dari tim Jupiter Aerobatic yang spesial akan menampilkan 18 manuver terbaiknya” terangnya, tim JAT memakai 6 pesawat buatan Korea Selatan ini menampilkan sekitar 18 manuver dan formasi yang indah. (Hanung)

sejumlah penonton tengah melihat pertunjukan JAT

sejumlah penonton tengah melihat pertunjukan JAT