Festival durian Banjaroya sedot ribuan penggila durian

festival

Hilir mudik kendaraan yang ratusan jumlahnya keluar masuk ke arena festival durian Pasar Bendo, Banjaroya, Kulon Progo kemarin (minggu, 2/3/2014). Tak ayal ini sempat membuat antrian panjang bahkan sedikit macet kendaraan yang hendak melalui jalur alternatif kota Wates dan muntilan ini.

Festival durian Banjaroya, mampu memikat ribuan orang untuk datang memburu durian dengan rasa yang dikata khas menoreh ini. Dari pantauan teraswarta semenjak pagi sampai siang, bahkan setelah acara penilaian durian kualitas terbaik dan lelang, orang masih ada banyak ang datang untuk membeli durian. Para pedagang pun bisa dikata kewalahan dalam melayani pembeli. Tak sedikit dari para pedagang ini yang lantas mencari kembali barang dagangan lantaran sudah ludes diserbu pembeli.

Rokhmadu inuhayi yang tenar disebut dengan nama bang madoen yang adalah koordinator dari acara ini mengatakan bahwa acara yang pada hari awal menyiapkan sekitar 2500 buah durian akhirnya pada pelaksanaan acara mampu mencapai jumlah 7000 buah durian melalui 33 pedagang yang ikut bergabung dalam acara festival ini. Lebih lanjut koordinator ini mengungkapkan bahwa pada tahun ini nilai transaksi juga lebih besar dari tahun lalu yang hanya mencapai kisaran 200 juta. Hal ini nampak juga dari jumlah pengunjung yang meningkat jauh lebih banyak.

Acara juga marak dengan adanya stan hiburan, lomba buah durian terbaik yang mendatangkan juri-juri dari UGM serta yang istimewa adalah juga hadirnya juri dari Koreayang masing-masing menilai durian dari tampilan juga kualitasnya. Dari pemenang yang memperebutkan hadiah uang pembinaan untuk juara 1 sejumlah 500 ribu rupiah, juara 2 sejumlah 300 ribu rupiah serta juara 3 sejumlah 250 ribu rupiah. Tak cukup besar tentunya namun ini diharapkan mampu menjadi hiburan serta dukungan tersendiri bagi petani yang memenangkannya, ujar dony yang juga adalah panitia acara ini.

Acara festival ini kemudian ditutup dengan melelang durian pilihan yang terlelang dengan harga 233 ribu yang dimenangkan oleh Fendi Permana yang datang secara khusus dari Yogyakarta untuk merasakan durian menoreh yang belum pernah beliau cicipi, maka secara khusus pula berani merogoh kocek lebih dalam untuk membeli durian bahkan melalui hasil lelang durian terbaik, tandasnya di sela penyerahan buah durian hasil lelang. (chipriant)