Faktor penting saat rock fishing

rock fishing

Sahabat mancing teraswarta, rock fishing saat ini banyak sekali digandrungi oleh para angler. Hal ini selain segi hasil ikan yang biasanya adalah predator-predator laut yang notabene besar-besar tentu juga adanya tantangan serta menjadi alternatif berolah raga.

Hal tersebut diatas lantas membutuhkan beberapa hal yang tak boleh diabaikan begitu saja, apa saja itu? Berikut ulasannya untuk anda mengenai beberapa faktor penting saat mancing di karang laut atau yang lebih akrab dengan istilah asing rock fishing :

Tahu karakter karang

Ada banyak pilihan dan medan yang bisa di pilih di banyak tempat di Indonesia. Anda hendaknya mengenal dulu spot mancing karang yang Anda tuju. Alangkah baiknya juga bila Anda melihat-lihat dulu sebelumnya atau mengajak seorang guide dari orang-orang setempat. Ini sebagai langkah mengutamakan keamanan.

Tahu karakter ombak

Dibeberapa tempat seperti di karang-karang tebing laut di Gunungkidul tak jarang ombak tiba-tiba datang dan menghantam jauh lebih tinggi dari perkiraan kita. Sebagai contoh di Wedi ombo yang terkenal dengan spot grendannya. Memang sangat menyenangkan tentunya melihat spot mancing yang menjorok langsung ke laut dalam. Namun bila tidak melihat kondisi ombak bisa-bisa Anda akan terhantam ombak yang melompati karang yang sebenarnya cukup tinggi.

Tahu karakter ikan pemangsa

Ikan yang berada di laut tentu rata-rata, namun demikian ada baiknya Anda tahu juga ikan-ikan apa yang sering memangsa umpan para pemancing. Ini untuk mengatasi umpan yang efektif untuk menarik ikan. Ada beberapa  karakter tempat yang ikannya takmau memangsa umpan yang biasanya ditempat lain sangat mudah dimakan ikan.

Piranti memadai

Ini untuk mengatasi sambaran ikan yang bisa dikatakan misterius. Dengan alat yang memadai maka faktor lepas atau mocel. Faktor tersangkut karang dan lain sebagainya bisa teratasi. Sebagai contoh penggunaan line yang cukup kuat tentu harus Anda sediakan. Contoh lain adalah jangkar untuk mengatasi mengangkat ikan dari air menuju ke ketinggian bukit dimana Anda duduk.

Bekal cukup

Bisa dikata memancing di karang ini biasanya jauh dari warung-warung makan, maka ada baiknya Anda siapkan bekal makan serta minum yang cukup sehingga bisa berlama-lama memancing tanpa harus turun naik mencari bekal terlebih acapkali antara warung dan spot ini jauh dari jangkauan.

Penuh kehati-hatian

Ini langkah yang harus selalu diingat. Tak jarang saat umpan disambar , keinginan pertama yang uncul adalah ingin mendapatkan dengan cara menuju ke titik terendah yang paling dekat dengan ikan. Maka selalu hati-hati dalam melangkah, hati-hati terhadap ombak yang datang serta hati-hati terhadap tarikan ikan yang bila besar bisa menghentak tiba-tiba.

Demikian sahabat mancing teras. Beberapa faktor penting yang perlu kita perhatikan agar refreshing dengan mancing semakin menyenangkan. Tentu masih ada banyak faktor lainnya yang bisa kita pilih dan siapkan. Semoga manfaat dan salam teras strike. (chipriant)