Cara merawat kulit sensitif

ilustrasi kecantikan

Sahabat, jenis kulit masing-masing orang tentu saja berbeda-beda. Penggunaan produk dan make up harus menyesuaikan juga dengan jenis kulitnya. Jenis kulit seperti normal, kering, berminyak, kombinasi dan sensitif memerlukan cara dan perawatan tersendiri. Untuk kulit normal tentu saja paling mudah dan paling simple. Lain halnya jika kulit Anda kering, berminyak bahkan sensitif.Kulit sensitif merupakan salah satu jenis kulit yang tidak dapat menerima kondisi atau benda asing yaitu kosmetik jika tidak sesuai dengan kulit.

Produk kecantikan berbahan kimia selalu direspon negatif oleh semua jenis kulit. Untuk jenis kulit sensitif adanya kontaminasi benda asing seperti kandungan kimia akan membuat kulit mudah rusak. Kulit akan dengan cepat terkena iritasi dan menyebabkan kulit yang sudah rusak menjadi semakin rusak.

Apabila Anda berjenis kulit sensitif tentu saja Anda tetap ingin menggunakan kosmetik atau make up. Perawatan kulit sensitif sangat diperlukan rutin untuk menghindari kulit yang iritasi. Berikut ini cara merawat kulit sensitif bagi Anda :

  • Untuk merawat kulit sensitif selalu gunakan produk khusus untuk kulit sensitif mengingat jenis kulit ini sangat rendah toleransi terhadap produk sembarang.
  • Hindari produk perawatan yang mengandung pewarna dan pengawet.
  • Hindari terkena sinar matahari langsung secara berlebihan. Gunakan sunscreen jika terpaksa harus ke lapangan dan terkena sinar matahari.
  • Hindari debu, polusi udara, serta radikal bebas lainnya.
  • Membersihkan wajah setelah dari lapangan atau luar ruangan.
  • Hindari meggosok kulit wajah dengan keras.
  • Gunakan removers untuk membersihkan make up yang menempel di wajah Anda.
  • Selalu jaga kebersihan wajah Anda setiap saat.

Sahabat teras, merawat kulit sensitif berbeda jauh dengan jenis kulit normal. Jenis kulit ini memerlukan kejelian dan kehati-hatian. Menjaga kebersihan kulit wajah akan menjadikan kulit sensitif Anda terhindar dari masalah wajah lainnya. (Christin)