Cara mengatasi keputihan secara baik dan benar

daun sirih

salah satu cara untuk mengatasi keputihan

Sahabat wanita teras, sebagai kaum hawa tentu saja tidak asing dengan masalah yang sering timbul yaitu keputihan. Perlu perhatian khusus tentunya jika keputihan mulai hinggap karena masalah ini dapat memicu timbulnya berbagai penyakit.

Gaya hidup dan pola makan sangat berpengaruh terhadap timbulnya keputihan. Keputihan merupakan infeksi yang disertai rasa gatal dan keluarnya cairan putih kekuningan atau kelabu. Apabila keputihan yang Anda alami masih normal tentu saja Anda tak perlu menjadi panik. Tetapi jika keputihan yang keluar berwarna keabuan atau kecoklatan serta mengeluarkan bau tidak sedap tentu Anda harus segera mengkonsultasikan pada dokter khusus.

Terjadinya keputihan dikarenakan bakteri, jamurm virus dan parasit. Ada baiknya Anda menjaga pola hidup dan makan yang sehat agar terhindar dari keputihan. Lakukan pencegahan dini agar Anda terhindar dari keputihan yang berbahaya. Berikut ini cara mengatasi keputihan secara baik dan benar :

Jaga selalu kebersihan miss V Anda

Cara pertama yang penting adalah selalu membersihkan miss V agar terhindar dari kuman dan bakteri penyebab keputihan. Lakukan cara yang benar saat membersihkan miss V dengan gerakan searah dari depan ke belakang. Hal ini tentu saja untuk menghindari menyebarnya bakteri dari lubang anus ke miss V.

Jaga kelembaban miss V Anda

Untuk menghindari keputihan langkah yang harus Anda lakukan adalah menjaga kelembaban miss V Anda. Perubahan warna dan bau saat Anda keputihan dapat menimbulkan rasa nyeri. Bersihkan miss V Anda dan keringkan dengan tisu.

Gunakan pembalut yang baik saat menstruasi

Wanita tentu saja sangat bersahabat dengan ritual bulanan berupa menstruasi. Menstruasi pada wanita juga sangat menyehatkan dan membersihkan darah kotor. Pemakaian pembalut tentu dapat menyerap darah yang keluar. Tetapi yang perlu Anda perhatikan adalah penggunaan pembalut yang baik dan berkualitas. Ganti penggunaan pembalut selama 4 jam sekali.

Olahraga teratur

Keputihan dapat timbul yang disebabkan oleh efek psikologis. Apabila Anda dalam keadaan stress maka keputihan akan cepat sekali muncul. Lakukan olahraga teratur agar tubuh Anda selalu sehat an terhindar ari keputihan yang tidak wajar. Konsumsi makanan yang sehat seperti buah, sayur, susu dan yogurt agar siklus keputihan Anda normal.

Gunakan daun sirih

Daun sirih sudah dikenal dari zaman nenek moyang untuk membersihkan miss V dari bau dan menghilangkan bakteri. Daun sirih ini dapat mematikan kuman, mempunyai kandungan antioksidan dan anti terhadap jamur. Anda cukup merebus daun sirih dan gunakan untuk membasuh miss V Anda.

Konsumsi bawang putih

Bawang putih selain digunakan sebagai bumbu masak juga dapat dipakai untuk kesehatan. Bawang putih merupakan antioksidan terbaik seperti anti jamur, anti bakteri dan lain sebagainya. Hal inilah yang dapat menghambat perkembangan bakteri pada tubuh dan membantu mengatasi keputihan.

Sahabat wanita teras, jaga selalu kesehatan dan kebersihan tubuh Anda agar terhindar dari berbagai penyakit khususnya yang berhubungan dengan masalah serviks. Cara mengatasi keputihan dengan baik dan benar dapat Anda lakukan setiap hari. Dan pastikan tubuh Anda sehat dengan pola dan gaya hidup yang sehat pula. (Christin)