Cara Mencari Undur-Undur laut

Sahabat mancing, ada banyak pilihan umpan yang disuka oleh ikan-ikan predator laut. Umpan ini mulai dari potongan ikan tongkol, udang, bahkan saat ini dikenal banyak umpan buatan yang cukup handal untuk mengecoh ikan di laut untuk kita pancing.

Undur-undur sejak lama menjadi umpan yang cukup banyak dicari lantaran selain awet undur-undur ini juga disuka ikan saat memancing pasiran tentunya. Masalahnya saat ini adalah tidak mudahnya menemukan umpan yang satu ini. Namun demikian tentu saja kita tak akan menyerah begitu saja tentunya. Berikut adalah cara untuk menangkap undur-undur yang bisa Anda coba.

Memburu manual :

Undur-undur ini biasa ada di pinggir-pinggir pantai. Amati saat ombak datang dan pergi, dari sana akan Anda lihat gerakan di antara pasir-pasir atau gundukan kecil mirip dengan batu-batu hitam. Langkah yang harus Anda lakukan adalah mengingat-ingat dimana gerakan tersebut dan segera memburunya saat ombak kedua atau ketiga datang. Biasanya undur-undur akan berada tak jauh dari tempat semula Anda mengamatinya.

Memburu dengan memancing :

Cara ini adalah cara yang cukup efektif karena sangat mudah dilakukan, yakni dengan memancingnya. Umpan yang pernah team teras warta coba adalah dengan menggunakan potongan udang laut. Lakukan dengan cara berikut :

Siapkan senar yang cukup panjang dan ikatkan potongan udang atau jenis umpan lain yang berbau amis untuk mengundang undur-undur. Lemparkan umpan pada tepi pantai yang berbatasan langsung dengan ombak. Berikan pemberat pada ujung senar untuk menghindari umpan terbawa arus ombak. Amati dari kejauhan dan akan Anda lihat nantinya undur-undur datang bersamaan dengan datang dan perginya ombak pantai. Segera buru disekitar umpan yang Anda lempar tadi. Salah satu ciri yang jelas bahwa ada undur-undurnya adalah saat unpan Anda terbenam di pasir pantai.

Demikian sahabat mancing teras, dua cara mendapatkan umpan undur-undur dengan mudah saat ini meski sudah tentu membutukan kejelian serta kesabaran juga. Dan Anda siap memancing dengan umpan undur-undur. Umpan yang terdapat dibanyak pantai-pantai yang berpasir. Di yogyakarta undur-undur ini bisa Anda dapatkan di pantai parangtritis, pantai parangkusumo, pantai trisik, pantai glagah, pantai kwaru, pantai congot dan masih banyak lagi. Elmat mencoba dan semoga manfaat. (chipriant)