Bahaya terlalu sering memakai high heels

Bagi sebagian wanita karier atau profesi profesional lainnya, pemakaian sepatu high heels tentu saja merupakan kebutuhan yang penting. Memakai sepatu high heels memang membuat wanita tapil lebih percaya diri, kaki terlihat indah, badan lebih tinggi dan terkesan feminim. Tetapi ada hal yang kurang sehat bagi tubuh Anda jika terlalu sering memakai sepatu high heels atau berhak tinggi.

Pemakaian high heels dapat memicu terjadinya kram , nyeri pada bagian tumit, mata kaki, pegal dan masih banyak lagi. Berikut ini beberapa bahaya terlalu sering memakai high heels :

  • Sepatu atau sandal high heels jika dikenakan terlalu lama dapat memicu resiko keseleo. Tidak semua sepatu high heels mempunyai kualitas tumpuan yang baik. Hal ini tentu saja membuat penampilan Anda tidak nyaman, gerakan tidak bebas sehingga menyebabkan terjadinya keseleo.
  • Pemakaian sepatu high heels yang terlalu sering dan dalam waktu lama dapat menyebabkan terjadinya masalah pada otot-otot tubuh Anda. Otot-otot tubuh akan mengecil karena high heels menuntut Anda untuk berjalan berjinjit tanpa Anda sadari.
  • Terlalu sering dan lama memakai high heels akan merubah bentuk tubuh Anda. Perubahan terjadi biasanya di pinggul, tulang belakang yang tidak lagi sejajar sehingga tubuh Anda terlihat membungkuk.
  • Pemakaian sepatu high heels tidak disarankan untuk wanita yang sedang hamil. Wanita hamil sebaiknya menggunakan sepatu high heels maksimal 5 cm jika memang terpaksa harus menggunakannya. Wanita hamil yang menggunakan high heels beresiko sakit punggung akibat meningkatnya hormon relaxin dari indung telur.
  • Memakai high heels dalam aktivitas setiap hari tentu saja harus memperhatikan bentuk tubuh Anda. Karena pemakaian high heels yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penebalan jaringan saraf pada jari kaki.

Sahabat, jika Anda wanita karier yang setiap hari memakai high heels ada baiknya Anda memberi waktu istirahat bagi Anda agar terhindar dari bahaya terlalu sering memakai high heels. Anda tetap akan tampil cantik dan modis dengan memilih sepatu atau sandal dengan tumit standar agar tubuh Anda terhindar dari penyakit. (Christin)