Waspadai hormon tiroid dalam tubuh

tiroid

Selama ini mungkin kita tak pernah memperhatikan hormon apa sajakah yang penting untuk tubuh. Hormon tertentu diperlukan oleh tubuh untuk membantu proses metabolisme tubuh. Hormon ini disebut dengan hormon tiroid. Hormon tiroid ini sangat penting untuk seluruh tubuh karena semua proses metabolisme tubuh menggunakan tiroid.

Kelenjar tiroid merupakan penghasil hormon yang penting untuk tubuh untuk mengatur kecepatan pembakaran energi pada tubuh. Kelenjar tiroid ini juga berfungsi untuk mengatur sensitivitas tubuh pada hormon lain dan membuat protein dalam tubuh.

Kelenjar tiroid ini dapat berubah fungsinya apabila terjadi kelebihan dan kekurangan tiroid dalam tubuh. Tanda terjadinya gangguan kelenjar tiroid ini adalah terjadinya pembengkakkan kelenjar getah bening, sulit bernafas, terdapat benjolan, suara serak. Biasanya tanda-tanda ini diabaikan dan tak diperhatikan.

Namun demikian kekurangan ataupun kelebihan hormon tiroid perlu diwaspadai agar tidak menimbulkan masalah baru pada kesehatan. Jumlah hormon tiroid pada tubuh tidak boleh kurang juga tidak boleh lebih dan harus pas apabila tak ingin ada masalah dalam tubuh Anda.

Dan apabila Anda kelebihan hormon tiroid maka proses metabolismenya akan bertambah juga. Biasa gejalanya namun bisa membuat badan Anda lemas, jantung berdebar, mudah berkeringat dan badan menjadi kurus,   bagi wanita siklus menstruasi menjadi terganggu dan  bagi pria, kelebihan hormon tiroid dalam tubuh dapat mengganggu atau terjadi disfungsi ereksi.  Dahulu kekurangan tiroid ini dengan biasa disebut gongok yang terjadi karena adanya yodium.

Sedang kekurangan tiroid cirinya detak jantung lambat, letih, lesu, lemas, dan kedinginan.

Penyakit yang diakibatkan kekurangan tiroid ini gejalanya tidak terlihat jelas dan cenderung adanya unsur genetis. Penyakit kekurangan yodium ini biasa menyerang daerah leher. Masyarakat umum sering tidak memperhatikan gejala penyakit ini.

Sedang kelebihan hormon tiroid juga bisa membuat badan Anda menjadi lemah dan membuat metabolisme tubuh Anda menjadi terganggu.

Ada beberapa tips bagi sahabat mengenai tiroid ini. Jika Anda kelebihan hormon tiroid maka sebaiknya Anda menghindari konsumsi makanan yang mempunyai kandungan yodium ini begitu juga sebaliknya.

Mengkonsumsi makanan sehat tentu akan menopang daya tahan tubuh Anda terhadap radikal bebas yang masuk. Pahami apakah Anda kekurangan atau kelebihan tiroid. Waspada akan kekurangan dan kelebihan hormon tiroid dalam tubuh Anda dan pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang benar-benar sehat. (Christin-berbagai sumber)