Umpan mancing pasiran

mancing pasiran

Memancing pasiran bagi sebagian pemancing adalah pilihan menyenangkan. Hal ini selain memang menantang tentu saja sisi refreshingnya lebih mengasyikkan. Namun demikian terkadang umpan menjadi pilihan yang tidak mudah juga saat memancing di pasiran ini.

Berikut adalah beberapa umpan yang bisa anda siapkan untuk memancing pasiran di laut :

Udang kupas :

Umpan satu ini bisa anda pilih sebagai alternatif memancing di pantai. Tidak perlu menggunakan umpan yang besar. Mata kail juga tidak perlu yang berukuran jumbo. Caranya adalah dengan memotong udang kecil-kecil secukupnya di mata kail. Bisa juga anda rakit mata kail renteng jadi bisa Anda pasang dua atau tiga umpan sekaligus.

Cacing laut/lur :

Umpan yang bisa anda siapkan juga untuk memancing di pasiran. Di beberapa tempat umpan ini bisa anda cari di pagi hari dengan menggali pasir mendekati ombak. Bahkan pengalaman pribadi ada teman dari flores yang mencari umpan ini dengan mengunyah kelapa dan menyemburkannya ke pasir pinggir pantai. Alhasil memang cacaing/lur ini muncul lebih ke permukaan sehingga memudahkan penangkapan.

Undur-undur :

Salah satu umpan yang jadi andalan banyak pemancing terutama undur-undur gembur. Hasil ikan memang biasanya juga bukan yang kecil, hal ini sangat mungkin karena bisa dibayangkan tentunya dengan undur-undur yang ukuran biasanya rata-rata sebesar  ibu jari ini.

Potongan ikan tongkol :

Di beberapa tempat seperti pantai di sepanjang gungkidul umpan satu ini juga bisa jadi andalan. Berbagai macam ikan mau akan jenis umpan yang satu ini. Iris kecil-kecil memanjang sebagai salah satu penarik ikan untuk mendekat. Sertakan kulit yang berkilau sebagai salah satu andalannya karena banyak bukti memang kilauan dari kulit ikan tongkol inilah yang menarik perhatian ikan untuk menyantapnya.  Gunakan juga mata kail yang tak terlalu besar.

Umpan buatan :

Umpan buatan yang dimaksud di sini adalah membuat umpan yang panjang-panjang menggunakan bahan lem kaca. Biasanya beberapa teman membuatnya dengan mencetak memanjang di atas kaca sehingga mudah dilepaskan setelah kering. Buatlah sedemikian rupa agar mata pancing seolah menjadi kepalanya.

Demikian beberapa contoh umpan untuk memancing di pasiran. Semoga membantu di luar faktor keberuntungan tentunya. Pengalaman juga jadi bisa menjadi penentu, maka selain umpan terus juga berlatih melempar serta memilih spot-spot yang tepat. Salam strike. (tw)