Peran Lemak Susu untuk Tubuh

Ada beberapa orang yang memutuskan untuk tidak mengkonsumsi susu dengan alasan takut gemuk. Namun ternyata susu mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna untuk kesehatan tubuh. Peran leamk susu untuk tubuh inilah yang menjadikan susu sebagai minuman yang disukai selain nikmat rasanya.

Lemak diperlukan oleh tubuh antara lain untuk memberikan energi, membawa vitamin-vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E,K, karoten atau provitamin A, melindungi organ-organ terhadap trauma, menyusun struktur sel, jaringan, dan memberikan rasa gurih dalam makanan.

Lemak yang baik bagi tubuh dapat diperoleh dari sumber lemak nabati seperti dari jagung, kedelai, dan kacang tanah dan sumber lemak hewani seperti susu, daging, ikan dan mentega. Sumber lemak hewani dari susu mempunyai kelebihan yang berbeda dibanding yang lain karena memiliki asam lemak jenuh dan tak jenuh. Sedang asam hewani lain seperti ikan, mentega dan daging hanya memiliki satu jenis asam lemak saja.

Asam lemak jenuh bermanfaat sebagai sumber energi dan bahan sintesis kolesterol. Selama tubuh kita sehat dan tidak ada kelainan metabolisme  maka kolesterol juga sangat penting bagi tubuh. Sebagai contoh tubuh kita memerlukan vitamin D dan sinar matahari inilah yang merubah senyawa berisi kolesterol di bawah kulit menjadi vitamin D. Selain itu asam lemak juga berperan pada sintesis  garam empedu untuk menyerap lemak di dalam usus dan membawa beberapa vitamin penting larut dalam lemak.

Sedang untuk asam lemak tak jenuh  bermanfaat untuk menjaga keutuhan sel dan jaringan, proses metabolisme lemak, dan membantu kinerja sistem pusat syaraf serta fungsi retina mata.

Peran lemak susu untuk tubuh ini dapat Anda peroleh dengan menjaga asupan nutrisi tubuh melalui mengkonsumsi susu secara rutin. Ketakutan Anda akan kegemukan tentu akan berbanding terbalik dengan perannya untuk tubuh. Selama konsumsi susu dengan porsi wajar dan di waktu yang tepat maka tidak ada efek samping berlebih untuk tubuh Anda.  (Christin/diolah dari nova)