Menilik bengawan solo purba di Gunungkidul

Tahukah Anda bahwa kurang lebih 4 juta tahun yang lalu sebuah proses geologi terjadi di salah satu bagian bumi. Sebuah proses pangangkatan geologis yang terjadi pada daratan jawa (lempeng Eurasia). Terjadinya subduksi atas lempeng indo-australia.

Sebuah proses yang rasanya musatahil jika saat ini dibayangkan. Tahukah Anda bahwa karena proses tersebut sungai bengawan Solo yang tadinya bermuara di laut selatan atau lebih tepatnya di pantai Sadeng (samudera hindia), saat ini berubah menjadi bermuara di laut jawa.

Erbagai sumber mengatakan tentang sejarah yang satu ini. Bagaiman cepatnya proses pengangkatan yang terjadi pada kejadian alam 4 juta tahun yang lalu tersebut tidak dapat diimbagi dengan proses penggerusan aliran sungai bengawan solo purba. Maka sebenarnya sangat logis bila hal ini terjadi, terlebih bil melihat kenampakan yang ada di tempat yang dulu dipercaya sebagai sebuah sungai besar.

Untuk melihat kilasan bukti tempat ini tidaklah susah dalam mencapainya. Apabila Anda telah sampai di kota Wonosari, gunungkidul maka Anda tinggal mengambil arah menuju jalan semanu atau lebih tepatnya jalan menuju ke pantai Sadeng. Sebuah tempat yang seharusnya penduduk yang Anda tanyai tahu. Atau bila tidak ada banyak sekali penunjuk arah yang sangat jelas sebagai pemandu perjalanan Anda menuju ke situs bersejarah ini.

solo 2

Saat Anda nanti Anda menemukan sebuah jalan dengan kondisi menurun di daerah Pantai sadeng dengan hamparan bukit dengan lembah yang memanjang ke arah utara menuju ke sisi selatan di sebuah temat bernama Girisubo. Di sinilah sungai bengawan solo purba ini berada. Dari ketinggian di sisi jalan ini Anda akan bisa nikmati indahnya pemandangan lembah yang Nampak jelas sebagai irisan bukit yang pada masa lalunya ternyata adalah sebuah sungai. Dari sinilah bisa kita bayangkan bagaimana fenomena alam itu sangat dahsyat sampai-sampai hamparan sungai yang sangat luas dengan sisi kanan kiri bukit sebagai pembatasnya sekalipun bahkan mampu terangkat sehingga aliran sungai yang pada awalnya menuju ke samudera hindia berubah arah menuju ke laut jawa.

Sebuah daerah aliran sungai yang saat ini dimanfaatkan sebagai masyarakat sekitar sebagai lahan pertanian. Anda bisa abadikan dengan lensa kamera Anda. Sbuah tempat yang cukup menarik dari sisi sejarah dan keindahan untuk dikunjungi tentunya. Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah melanjutkannya kea rah di mana muara sungai ini dulu berada yakni pelabuhan Sadeng. Semoga manfaat. (chip-berbagai sumber)